Senin, 20 Juni 2016

Simak Tips Perjalanan Sebelum Mudik Berikut Ini!



Mudik adalah kegiatan yang hampir dilakukan tiap tahunnya saat lebaran tiba. Saat mudik, banyak warga Jakarta dan sekitarnya untuk pulang ke daerah mereka masing-masing menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk kamu yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi ada baiknya persiapkan segalanya dengan tepat agar perjalananmu tetap menyenangkan, berikut tips yang bisa kamu gunakan saat mudik lebaran nanti :

1. Persiapkan Kendaraan

Ada baiknya sebelumnya kamu melakukan perjalanan jauh, cek dan servis kendaraanmu ke bengkel. Hal yang perlu kamu cek seperti kondisi rem, ban mobil, ganti aki, dan bagian penting lainnya. Biasanya menjelang mudik, bengkel akan dipenuhi dengan antrian kendaaran yang ingin service. Agar tidak mengantri panjang, kamu bisa service kendaraanmu dari jauh-jauh hari.

2. Penginapan, Rumah Makan, Pos Kesehatan

Jika kamu akan melakukan perjalanan yang sangat jauh, sebaiknya sebelum pergi tentukan dahulu di kota mana kamu akan bermalam. Pastikan juga kamu mengetahui lokasi-lokasi penting seperti pos kesehatan dan rumah makan sepanjang perjalananmu.

3. Obat-obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan yang biasa di konsumsi. Siapkan juga minyak kayu putih, obat anti mabuk, plester luka, plester demam, dan kantung muntah jika ada yang mabuk dalam perjalanan. Yang paling penting, hindari konsumsi obat yang menimbulkan kantuk bagi pengemudi.

4. Makanan dan Vitamin

Kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan. Atau kamu juga bisa memilih tempat makan yang bersih dan higienis. Saat makan hindari makanan yang terlalu asam dan pedas agar terhindar dari gangguan pencernaan selama perjalanan, karena tidak di setiap jalan menyediakan toilet yang bersih dan nyaman seperti di rest area pom bensin. Selain itu, makanlah tepat waktu, jangan makan berlebih dan minum air putih yang cukup. Mengkonsumsi multivitamin juga bisa kamu lakukan saat perjalanan.

5. Tidak Malu Bertanya

Walaupun jalan yang di lewati sama tiap tahunnya, tapi kemungkinan rute yang biasa kamu lewati di tutup atau di alihkan bisa saja terjadi. Untuk itu tidak ada salahnya kamu bertanya, kamu bisa bertanya di pos pos mudik terdekat. Kamu bisa bertanya ke tujuan yang kamu tuju yang melewati pos Polisi atau Rumah Sakit dan yang pasti aman dalam perjalanan.

6. Persiapkan Mental dan Fisik

Beberapa hari sebelum mudik, sebaiknya jaga kesehatanmu. Dengan beristirahat yang cukup dan makan sehat saat puasa akan membantu fisikmu saat perjalanan nanti. Karena saat mudik, kemungkinan macet panjang bisa saja kamu alami.

Sumber : 1001inspirasiramadhan.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar