Selasa, 21 Juni 2016

Keanekaragaman Menu Khas Lebaran Beberapa Negara Ini Pasti Bikin Ngiler



Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan minggu nih. Umat muslim di berbagai penjuru dunia akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri dengan bahagia. Berbagai persiapan pun dilakukan seperti mendekor rumah dan menyiapkan menu makanan khas lebaran yang selalu ada. Kamu tahu tidak? Kalau menu yang di siapkan berbeda-beda di tiap negaranya lho. Berikut menu yang selalu ada di beberapa negara :

1. Indonesia


Menu Lebaran di Indonesia (Image : kumpulanmisteri.com)
Momen lebaran sangat terasa di Indonesia karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Menu makanan saat lebaran pun sangat khas dan selalu ada seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue-kue kering seperti nastar, putri salju, kacang, dan kastengel.

2. Mesir


Kahk dari Mesir (Image : official-aqsa.blogspot.co.id)
Beda negara beda sajian. Kalau di Mesir menu khas saat lebaran adalah Kahk. Kahk merupakan kue kering yang berisi kacang dan bertabur tepung gula halus. Gak afdol lebaran di Msir tanpa Kahk, karena menu yang satu merupakan resep yang sudah ada sejak jaman Mesir kuno dan masih eksis hingga saat ini.

3. Bangladesh


Chotpoti Curry dari Bangladesh (Image : jalansanasini.com)
Menu selanjutnya yang ada selalu ada di saat lebaran adalah Chotpoti Curry dari Bangladesh. Dari namanya saja pasti kamu usdah tahu kalo menu yang satu ini sejenis kari. Chotpoti Curry adalah kari yang berisi kentang, telur yang di bumbui dan tidak ada campuran dagingnya. Menu yang selalu ada di Bangladesh ini cocok untuk kamu pecinta rasa pedas.

4. Turki


Menu Lebaran Turki (Image : soorah3.rssing.com)
Kalau di Turki ada beberapa makanan yang harus ada saat lebaran. Menu-menu ini merupakan menu makanan penutup seperti puding yang membutuhkan waktu cukup lama untuk pengolahannya. Menu-menu tersebut adalah Debyaza, semacam puding aprikot, Halawa Turki yang merupakan puding tradisional dari Turki, dan Ta’teema makanan khas dengan pilihan keju, mentega, selai, dan telur matang.

5. Pakistan


Sivayyan dari Pakistan (Image : bawarchi.com)
Menu yang harus ada saat di lebaran di Pakistan adalah menu olahan bihun yang di sebut Sivayyan. Sivayyan merupakan makanan yang berbahan dasar bihun yang penyajiannya di temani oleh susu dan buah-buahan kering.


Sumber : idntimes.com 

1 komentar: