Rabu, 29 Juni 2016

Ini Tradisi Seru & Unik Saat Lebaran Idul Fitri di Indonesia!



Ternyata lebaran tidak identik dengan saling bersalaman dan bermaaf-maafan saja lho. Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi yang seru dan unik saat hari raya tiba. Penasaran gimana serunya tradisi tersebut? Yuk simak artikel berikut ini :

1. Grebeg Syawal, Yogyakarta


Grebeg Syawal (Image : yogyakarta.panduanwisata.id)
Sebuah gunungan yang berisi hasil bumi seperti kacang panjang, cabai dan lainnya akan di grebeg oleh masyarakat setelah di doakan. Gunungan hasil bumi tersebut merupakan perwujudan sedekah dari Sultan kepada rakyatnya. Dengan menggrebeg gunungan tersebut, masyarakat percaya akan mendatangkan berkah dan ketentraman bagi siapa saja yang mengambilnya. Tradisi ini biasa dilakukan setiap 1 syawal.

2. Meriam Karbit, Pontianak


Meriam Karbit (Image : garagara.id)

Suara takbir di Pontianak akan semakin meriah dengan dentuman dari karbit yang di ledakkan oleh warga Pontianak. Biasanya pada malam takbir warga menyiapkan meriam dengan ukuran cukup besar yang terbuat dari kayu dan dihias dengan kain atau cat. Meriam ini di letakkan di tepian Sungai Kapuas. Dulunya meriam ini dinyalakan untuk mengusir kuntilanak, tapi sekarang dinyalakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

3. Ngejot, Bali


Tradisi Ngejot di Bali (Image : dream.co.id)
Penduduk Bali yang menganut agama Hindu memiliki sebutan sendiri untuk mereka yang beraga Islam, yaitu Nyama Selam. Biasanya umat muslim yang berada di Bali menggelar tradisi Ngejot atau membagikan makanan kepada warga sekitar tanpa membeda-bedakan agama yang dianutnya. Tradisi ini dipercaya untuk menciptakana keharmonisan saat hari lebaran esok harinya.

Sumber : terselubung.in

Tidak ada komentar:

Posting Komentar