Kamis, 30 Juni 2016

Bukan Sekedar Candi & Malioboro, Ini Keseruan Lainnya di Yogyakarta!



Candi dan Malioboro pasti tidak tertinggal dalam list liburanmu selama di Yogyakarta. Candi di Yogyakarta memang memiliki sejarah yang melegenda, selain itu kegiatan yang pasti tidak kamu lewatkan lainnya adalah berbelanja murah di Malioboro. Tetapi selain candi dan Malioboro, Kota Gudeg ini juga memiliki tempat wisata seru lainnya yang bisa kamu kunjungi lho. Berikut tempat-tempatnya :

1. Membuat Batik


Membuat batik (Image : laksani.com)
Penasaran dengan proses pembuatan kain batik di Yogyakarta? Datang saja kerumah-rumah warga yang membuka kelas singkat belajar membatik. Untuk mendapatkan hasil yang baik, kamu perlu sabar dan teliti saat menggambar dengan canting. Jangan sampai lilin dalam canting merusak pola pada kain karena kamu terburu-buru. Kegiatan seperti ini cocok untuk kamu yang butuh me time untuk penenangan diri.

2. Air Terjun Sri Gethuk


air terjun sri gethuk (image : katalogwisata.com)
Selain kota, kamu juga bisa kunjungi Gunung Kidul yang memiliki banyak tempat wisata favorit salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Keunikan dari air terjun ini adalah airnya yang selalu mengalir dan memiliki bebatuan yang berundak-undak hingga terlihat unik dan cantik. Untuk menikmati Air Terjun Gethuk, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 sekaligus tiket masuk ke Goa Rancang Kencono.
Lokasi : Desa Wisata Blebean, Ngarai Sungai Oya, Gunung Kidul, Yogyakarta

3. Cave Tubing Kalisuci


Cave Tubing di Goa Kalisuci (Image : lookjogja.blogspot.com)
Jika Goa Pindul sudah terlalu mainstream, liburan kali ini kunjungi saja Cave Tubing Kalisuci yang tidak kalah seru dan asyik. Dengan manggunakan ban dalam atau body rafting, kamu akan di ajak menyusuri sungai yang berada di dalam bumi yang memiliki air sangat jernih. Bahkan saat turun hujan, air di sini tetap jernih lho. Dengan membayar sebesar Rp 5.000 dan paket Cave Tubing seharga Rp 70.000, kamu akan menikmati berpetualang menyusuri sungai di perut bumi.
Lokasi : Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta

4. Hutan Pinus Mangunan


Hutan Pinus Mangunan (Image : yogyakarta.panduanwisata.id)
Ternyata Yogyakarta juga memiliki hutan pinus dengan udara sejuk dan pemandangan yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Sedikit informasi, pohon-pohon pinus di sini ditanam sekitar tahun 1985 di kawasan RPH Mangunan yang sekarang sudah menjulang tinggi dan menjadi hutan indah. Tidak hanya sekedar sejuk dan indah, hutan pinus mangunan ini juga di jadikan sebagai hutan lindung yang bisa menghilangkan kejenuhan karena udara sejuk pegunungan. Hutan Pinus Mangunan juga sering di jadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding atau sekedar foto-foto pribadi. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk di sini, hanya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.
Lokasi : Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

5. Istana Ratu Boko


istana ratu boko (Image : jogjaliburan.com)
Istana Ratu Boko bukan tempat wisata yang berupa candi-candi melainkan kompleks Istana Ratu Boko yang berisi gapura lapangan, paseban, kolam dan pembakaran. Lokasinya sekitar 2 km dari Candi Prambanan ke arah selatan. Yang menjadi daya tarik Istana Ratu Boko adalah pemandangan sunset yang indah. Langit cerah dan siluet gapura akan memperindah suasana di sana saat menjelang sunset. Bahkan pihak pengelola istana ratu boko menerapkan dua paket tiket masuk, yaitu reguler dan sunset. Tiket masuk sunset di mulai dari pukul tiga sore dan harga tiketnya juga lebiih mahal dari reguler lho.
Lokasi : Dusun Samberwatu (Desa Sambirejo) dan Dusun Dawung (Desa Bokoharjo) Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Provinsi Jogjakarta

Sumber : jalan2men, anekawisata.com, tempatwisataseru.com 

1 komentar: