Selasa, 28 Juni 2016

Penasaran Seperti Apa Lebaran di Luar Negeri? Ini Keunikannya !



Setiap umat Muslim di dunia pasti menunggu datangnya hari lebaran. Karena di hari lebaran merupakan puncak kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadan. Untuk merayakan lebaran, banyak tradisi yang dilakukan dan berbeda-beda disetiap negara. Kalau di Indonesia identik dengan mudik, bagi-bagi THR, dan silahturahmi dengan orang terdekat, bagaimana dengan negara lainnya. Penasaran? Berikut tradisi yang dilakukan dari beberapa negara saat merayakan hari lebaran :

1. Arab Saudi

Di Arab Saudi perayaan lebaran selalu diramaikan dengan pertunjukkan seni seperti pertunjukkan teater, pembacaan puisi, parade pertunjukkan musik, tarian dan banyak pertunjukkan lainnya. Agar suasana lebaran makin terasa, biasanya masyarakat Arab Saudi mendekor rumah dengan hiasan khas lebaran. Daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran menjadi menu khas saat lebaran, setelah makan bersama mereka akan bersilahturahmi dengan sanak saudara dan biasanya anak-anak akan mendapat bingkisan seperti permen, coklat, dan makanan lainnya.

2. China

Perayaan lebaran sangat terasa di kawasan mayoritas berpenduduk muslim yaitu di Xinjiang dan Yunnan. Setelah melaksanakan shalat Ied, mereka akan bersilahturahmi dan makan bersama dengan saudara dan tetangga terdekat. Uniknya, mereka akan menggunakan pakaian khas lebaran, untu kaum pria akan menggunakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita menggunakan baju hangat dan kerudung. Setelah itu mereka akan berkunjung ke makam tokoh muslim setempat untuk membersihkan makam dan membacakan doa.

3. Australia

Minoritas Islam di Australia tidak menjadi halangan untuk merayakan hari lebaran. Karena banyak perusahaan besar yang meliburkan karyawannya agar bisa beribadah dan merayakan hari lebaran bersama keluarga. Keunikan perayaan di sini adalah diadakannya festival multikultur yang melibatkan umat muslim dan dan juga non muslim. Tidak jarang juga pejabat negara bersedia untuk menghadiri acara tersebut.

4. India

Biasanya umat muslim di India akan berkumpul di Masjid pusat perayaan idul fitri di New Delhi untuk melaksanakan shalat Ied berjamaah. Setelah melaksanakan shalat, mereka akan menikmati hidangan khas yang selalu ada saat lebaran yaitu Siwaiyaan yang merupakan campuran bihun manis yang dihidangkan bersama susu dan buah-buahan kering.

5. Amerika Serikat

Sebelum merayakan Idul Fitri, masyarakat Amerika Serikat akan mengabarkan datangnya hari raya Idul Fitri melalui media internet dan telepon. Setelah melakukan shalat Ied bersama, mereka memohon ampunan dan mendengarkan ceramah untuk saling memaafkan dan tidak saling membenci antar sesama. Setelah itu mereka akan saling memeluk dan mengucapkan selamat Idul Fitri dengan jamaah lainnya. Keunikan dari perayaan hari lebaran di Amerika Serikat adalah umat muslim yang menggunakan pakaian khas dari negara asalnya masing-masing. Karena kebanyakan umat muslim di sana merupakan imigran dari beberapa negara.

Sumber : anakregular.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar