Rabu, 22 Juni 2016

Sebelum Mudik, Jangan Lupa Cek Hal Penting Berikut Ini Ya!



Mudik menjadi waktu yang ditunggu-tunggu sebagian orang yang merantau di kota. Jika kamu termasuk orang yang menunggu-nunggu waktu mudik, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu dari jauh-jauh hari agar perjalanan mudik sesuai dengan rencana. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik :

1. Berangkat di Waktu Yang Tepat

Cara pertama agar perjalanan mudikmu lancar adalah dengan memilih waktu yang tepat. Apalagi jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi, usahakan pilih waktu yang tepat yang tidak terlalu dekat dengan hari lebaran. Karena di hari yang terlalu mepet akan terjadi puncak mudik dan pastinya macet yang mengular. Selain itu, kamu bisa berangkat di sore hingga malam, karena biasanya di waktu-waktu tersebut banyak pemudik yang sedang beristirahat.

2. Transportasi Yang Sesuai

Kamu bisa memilih transportasi yang sesuai dengan kebutuhan mu. Jika kamu memilih transporatsi umum, jangan lupa untuk cek standar keamanan dan kenyamanan transportasi tersebut, dengan transporatsi yang aman dan nyaman akan membuat perjalanan panjangmu tetap menyenangkan. Tetapi jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik mulai dari ban, mesin, rem atau kamu bisa bawa ke bengkel untuk memastika kendaraanmu dalam kondisi baik.

3. Jaga Kesehatan

Hal yang penting adalah kesehatanmu sendiri. Ada baiknya, kamu jaga kesehatan beberapa hari sebelum keberangkatan. Jika kondisi tubuhmu tidak fit dihari yang sudah ditentukan, sebaiknya undur waktu keberangkatanmu sampai tubuhmu membaik. Hindari juga menyetir dalam keadan mengantuk/kurang fit, lebih baik istirahat sejenak kemudian lanjutkan kembali perjalananmu dan utamakan keselamatan.

4. Jaga Cara Berpakaian

Gunakan pakaian senyaman mungkin dan tidak berlebihan. Karena kejahatan saat mudik akan meningkat, hal ini sangat penting untuk kamu yang mengggunakan transportasi umum. Kamu tidak perlu menggunakan semua perhiasan yang kamu punya saat perjalanan mudik, ini akan mengundang hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti jambret ataupun copet. Gunakan pakaian yang tidak mencolok dan senyaman mungkin.

5. Cek Rumah Sebelum di Tinggalkan

tips terakhir ini perlu kamu perhatikan sebelum meninggalkan rumah. Kamu bisa simpan barang berhargamu di tempat yang tidak mencurigakan, cek kembali peralatan masak di dapur sudah dimatikan, matikan juga semua kontak listrik untuk mengantisipasi arus hubungan pendek yang mungkin terjadi, dan pastikan semua pintu rumah terkunci dengan sempurna.

Sumber : cara-terindah.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar