Kamis, 30 Juni 2016

Mudik Makin Seru Sambil Mampir ke Tempat Wisata di Jalur Pantura!



Perjalanan mudik yang panjang pasti akan membuat jenuh dan terasa melelahkan. Nah, agar perjalanan mudik tetap menyenangkan di jalur pantura, kamu bisa kunjungi tempat wisata yang berada di sekitar jalur perjalanan. Mulai dari wisata air hingga goa bisa kamu kunjungi saat melewatinya. Berikut lokasinya :

1. Kampung Batik Trusmi, Cirebon


Batik Trusmi (Image : gotocirebon.com)
Nama Kampung Batik Trusmi sudah cukup terkenal sebagai lokasi wisata di Cirebon. Di tempat ini kamu bisa menghilangkan kejenuhan selama perjalanan dengan melihat atau membeli batik dengan harga mulai dari Rp 25.000,- ini bisa kamu gunakan sendiri atau kamu jadikan oleh-oleh juga lho. Lokasinya yang mudah dijangkau dari tol Kanci atau pertigaan Palimanan menuju Cirebon. Tidak hanya batik saja, kamu juga bisa mencicipi kuliner Cirebon seperti nasi lengko, nasi jamblang, empal gentong, dan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah tahu gejrot khas Cirebon.

Lokasi : Desa Trusmi, Plered, Cirebon

2. Pantai Pasir Kencana, Pekalongan


Pantai Pasir Kencana (Image : pariwisatakotapekalongan.blogspot.com)
Sesampainya kamu di Pekalongan, tidak ada salahnya untuk mampir di Pantai Pasir Kencana untuk beristirahat sejenak menikmati suasana pantai di tengah perjalanan mudikmu. Puas menikmati suasana pantai, kamu bisa kunjungi museum batik untuk melihat koleksi batik dengan berbagai corak. Kalau kamu ingin berbelanja batik kamu bisa mampir ke Kampung Kauman, Pesidon, Binagriya, Buaran, atau Kampung Degayu.

Lokasi : Jl. Pantai, Wonokerto, Pekalongan

3. Lawang Sewu, Semarang


Lawang Sewu (Image : hello-pet.com)
Jika kamu melewati kedua tempat wisata sebelumnya, kamu masih bisa mengunjungi Lawang Sewu di Semarang. Bangunan khas kolonial Belanda ini berlokasi di pusat Kota Semarang yaitu di Simpang Lima Semarang. Lawang Sewu memiliki ciri khas memiliki banyak jendela yang tinggi yang biasa menjadi background selfie para pengunjung. Selain memiliki banyak pintu, keunikan Lawang Sewu terlihat dari arsitektur bangunannya yang terlihat kokoh dan kuno.

Lokasi : Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang

4. Air Terjun Nglirip, Tuban


Air Terjun Nglirip Tuban (Image : lulus andika via gotuban.blogspot.com)
Memasuki wilayah Jawa Timur, kamu bisa berhenti sejenak di Air Terjun Nglirip untuk menikmati air terjun dan suasana yang menyejukkan hati. Dari Tuban, menuju Merakurak dan Montong kamu akan menemukan keindahan Air Terjun Nglirip ini dan mendengar suara gemericik mata air yang berasal dari hutan Karawak akan menenangkan pikiranmu sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan mudikmu.

Lokasi : Desa Mulyoagung, Kec. Singgahan, Tuban

5. Gua Maharani, Lamongan


Gua Maharani (Image : iwisataindonesia.com)
Lokasinya yang berada di jalur utama pantura, bisa kamu jadikan sebagai tempat menghilangkan kejenuhan selanjutnya. Konon katanya, keindahan gua ini melebihi Altamira di Spanyol, Gua Coranche di Prancis, serta Gua Mammoth di Amerika Serikat. Wow! Yang membuat gua ini lebih indah dari gua lainnya adalah adanya stalaktit dan stalagmit yang berada di dalam gua kapur ini. Selain itu pancaran lampu yang menyala akan memperindah bentuk dari gua ini.

Lokasi : Kec. Paciran, Lamongan

Sumber : gulalives.co 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar