Rabu, 15 Juni 2016

Mau Lihat Megahnya Masjid-masjid di Indonesia? Di Sini Lokasinya!



Negara Indonesia adalah negara dengan mayoritas agama Islam. Jadi tidak heran jika banyak masjid-masjid yang berdiri dengan megah dan menjadi destinasi wisata religi favorit saat bulan Ramadan tiba. Berikut masjid-masjid yang terkenal dari berbagai daerah yang bisa kamu kunjungi :

1. Masjid Istiqlal, Jakarta


Masjid Istiqlal (Image : kanalpost.com)
Salah satu masjid yang terkenal di Indonesia adalah Masjid Istiqlal yang berada di ibu kota Jakarta. Selain untuk beribadah, masjid ini juga dijadikan ikon wisata religi masyarakat Jakarta. Konsep modern sangat khas di Masjid ini, lantai dan dinding yang berlapis marmer membuat masjid ini semakin indah dan terlihat kokoh dengan ornamen yang terbuat anti karat. Masjid Istiqlal memiliki daya tampung jamaah hingga 200.000 orang.

Lokasi : Jl. Taman Wijaya Kusuma, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh


Masjid Raya Baiturahman Aceh (Image : wikiwand.com)
Kota yang dikenal dengan Serambi Mekah ini juga memiliki Masjid kebanggaan yaitu Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini memiliki sejarah karena di bangun oleh Sultan Iskandar Muda pada masa Kesultanan Aceh. Keunikan dari Masjid ini adalah kemiripan bangunannya dengan Taj Mahal yang ada di India. Saat berada di sini kamu bisa menikmati indahnya air mancur dengan gaya Kesultanan Turki Utsmani. Walaupun masjid ini sudah berusia tua, Masjid ini masih berdiri dengan kokoh setelah diterjang tsunami 2004 lalu.

Lokasi : Jl. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

3. Masjid Dian Al-Mahri, Depok


Masjid Kubah Emas
Mungkin kamu kurang familiar dengan nama Masjid ini, karena biasanya orang menyebut Masjid Dian Al-Mahri dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Karena salah satu kubah di antara 5 kubah yang ada dilapisi emas dengan ketebalan emas di seluruh kubah 2 – 3 mm. Masjid ini juga dipercantik dengan hiasan mozaik kristal di sekelilingnya. Dengan luas 5 hektar Masjid ini mampu menampung jamaah hingga 20.000 orang.

Lokasi : Jl. Maruyung Raya, Meruyung, Limo, Kota Depok, Jawa Barat

4. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang


Masjid Agung Jawa Tengah (Image : simas.kemenag.go.id)
Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Kota Semarang ini memang pantas menjadi salah satu Masjid terindah di Indonesia. Karena Masjid ini memiliki arsitektur yang begitu khas dengan atap limas yang identik dengan bangunan khas Jawa. Arsitektur yang dipilih perpaduan antara gaya romawi, islam dan jawa. Masjid ini juga dihiasi dengan ornamen kaligrafi yang menghiasi pilar bergaya Koloseum Atena yang berjumlah 25. Wow ! Tidak hanya itu saja, Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki payung besar yang berjumlah 6 buah yang bisa di buka dan ditutup yang berada di halaman Masjid. Kalau dilihat-lihat, payung ini seperti payung besar yang berada di Mekah lho.

Lokasi : Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah

5. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau


Masjid Agung An-Nur (Image : simas.kemenag.go.id)
Masjid Agung An-Nur yng berada di Riau ini dibangun selama 5 tahun dari tahun 1963 sampai 1968 dan menjadi salah satu Masjid terindah di Indonesia. Masjid ini memiliki arsitektur dengan perpaduan yang sempurna antara India, Arab, Turki, dan Melayu. Jika dilihat, kubah yang ada seperti kubah bangunan yang ada di film aladdin lho. Selain itu, Masjid ini juga diperindah dengan taman yang ditata dan dirawat dengan rapi.

Lokasi : Jl. Syehk Burhanuddin, Riau

Sumber : bukuwisata.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar