Minggu, 05 Juni 2016

Begini Cara Liburan Agar Tidak Mengganggu Puasamu!



Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan bagi umat muslim. Selama kurang lebih 30 hari umat Muslim berpuasa manahan nafsu, makan, dan minum. Agar puasamu tetap menyenangkan tidak ada salahnya jika kamu berwisata bersama keluarga ke suatu daerah. Sebelum kamu bepergian, simak dahulu tips-tips wisata saat berpuasa berikut ini :

1. Istirahat Yang Cukup
Sehari sebelum berwisata sebaiknya kamu beristirahat di rumah untuk mengumpulkan tenaga agar keesokan harinya tubuhmu siap untuk berpetualang. Kamu bisa beristrahat dengan cara tidur yang cukup dan tidak melakukan aktifitas berat atau melelahkan.

2. Konsumsi Makanan Yang Cukup
Agar cairan tubuhmu tetap terjaga, sebaiknya kamu konsumsi air mineral 8 gelas/hari, 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas saat malam menjalang tidur. Selain itu, untuk menambah stamina tubuhmu, kamu bisa mengkonsumsi vitamin, buah dan sayuran saat sahur dan berbuka. Karena sayur dan buah akan menjaga sel tubuh tetap hidup, mengurangi dehidrasi dan memberi asupan energi yang cukup untuk tubuhmu saat berpuasa.

3. Pilih Destinasi Yang tepat
Kamu bisa memilih destinasi yang dekat dari rumah, karena jika kamu memilih destinasi yang lumayan jauh, akan menguras banyak energi saat berpuasa. Pilih juga destinasi indoor untuk mengurangi rasa lelah dan terhindar dari teriknya matahari di luar ruangan. Atau jika kamu ingin berkunjung ketempat wisata outdoor, kamu bisa pergi pada pagi dan sore hari saat matahari belum terlalu terik dan udara masih segar.

4. Membawa Perlengkapan
Saat berwisata di bulan puasa, tidak ada salahnya kamu membawa perlengkapan sholat sendiri seperti sarung, mukena, dan sajadah. Karena biasanya saat bulan puasa perlengkapan sholat yang di sediakan di Mushola atau Masjid terbatas. Selain itu, kamu juga bisa membawa payung atau topi untuk melindungi kepala mu dari teriknya matahari.

Sumber : wisesatravel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar