Selasa, 14 Juni 2016

Seperti Apa Saja Ya Menu Berbuka Puasa di Negara Bagian Timur?



Kolak, es campur, bubur sumsum dan gorengan biasa dijadikan menu untuk berbuka saat bulan Ramadhan di Indonesia. Nah, jika kamu sedang atau akan berkunjung ke negara-negara yang berada di timur, jangan lupa untuk mencicipi sajian khas menu berbuka berikut ini :

1. Lebanon


Salad Mezze Lebanon (Image : mezzeanddolce.wordpress.com)
Masyarakat Lebanon biasa berbuka puasa dengan menu yang sangat terkenal yaitu Salad Mezze. Makanan ini merupakan sajian humus, kacang kering, dan campuran daging yang dipanggang. Selain Salad Mezze, masyarakat Lebanon juga suka mengkonsumsi Falafel. Falafel adalah makanan yang berbentuk seperti kroket dengan bahan dasar kacang kering.

2. Yordania


Mansaf atau Qatayef (Image : taysbakers.com)
Di negara ini terdapat dua menu sajian yang biasa dihidangkan saat berbuka puasa, yang pertama adalah mansaf atau qatayef. Mansaf adalah hidangan menu utama yang diisi daging domba yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah dan nasi berwarna kuning. Sedangkan menu berbuka yang ke dua adalah qatayef, berupa makanan yang berbentuk seperti serabi yang disajikan dengan kayu manis dan berisi kacang kenari dan gula.

3. Pakistan


Samosa Pakistan
Samosa adalah menu berbuka puasa yang biasa disajikan oleh masyarakat Pakistan. Karena masyarakat Pakistan merasa kurang lengkap berbuka puasa jika tidak ada Samosa. Menu ini memiliki bentuk seperti pastel namun berbentuk segitiga. Umumnya, Samosa berisi kentang pedas, bawang bombai, kacang-kacangan, daging domba, daging sapi, atau daging ayam yang di cincang. Biasanya Samosa lebih enak dimakan menggunakan saus sambal.

4. India


Hyderabadi Haleem (Image : recipeshubs.com)
Islam merupakan agama terbesar ke dua setelah Hindu di India. Di beberapa daerah seperti daerah Hyderabad, menu favorit yang biasa disajikan dalam menu berbuka adalah Hyderabadi Haleem. Menu ini sejenis bubur gandum dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya dicampur dengan potongan daging domba.

Sumber : taysbaker.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar