Minggu, 07 Agustus 2016

Post Vacation Blues? Begini Cara Biar Semangat Lagi!



Apa sih itu PSB? Post Vacation Blues adalah saat kamu merasa sedih setelah kembali dari libur panjang, rasanya ingin kembali liburan lagi dan tidak ingin atau malas kembali ke rutinitas sebelumnya. Nah, jika kamu pernah merasakan hal seperti itu, kemungkinan kamu mengalami post vacation blues dan hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja lho karena dapat menurunkan produktivitas juga bisa berdampak depresi jika dibiarkan dalam jangka lama. Agar semangatmu menjalankan aktifitas seperti sebelumnya, simak tips berikut ini :

1. Unggah Foto ke Sosila Media

Sebaiknya selama liburan jangan unggah foto secara terus menerus ke media sosial, karena ini akan mengganggu aktifitasmu selama liburan. Simpanlah foto-foto liburanmu dan unggah di kemudian hari atau kamu bisa unggah di sela-sela waktu luang sepulang dari liburan.

2. Olahraga

Secara tidak sadar, liburan banyak melakukan aktifitas yang membuat tubuhmu bergerak lebih banyak dan terasa fit saat liburan. Untuk mengimbangi hal tersebut, kamu bisa olahraga setelah jam kerja seperti datang ke tempat gym, lari di taman kota, atau berenang. Selain olahraga, kamu juga harus istirahat yang cukup agar dapat tetap aktif setelah liburan.

3. Digital Detox

Digital Detox alias matikan semua jaringan internet saat kamu mengalami post vacation blues. Tetapi hal ini jangan sampai mengganggu pekerjaanmu ya. Kamu bisa matikan internet setelah jam kerja agar tidak mendengar email masuk yang bersangkutan dengan pekerjaan. Karena kamu bisa melanjutkan pekerjaanmu dihari esok.

4. Hindari Lembur

Salah satu hal yang wajib kamu hindari adalah lembur. Kamu bisa gunakan jam kerja sebaik mungkin. Jika pekerjaan belum juga selesai, sebaiknya lanjutkan esok hari. Karena lembur akan memperparah post vacation blues, bahkan bisa saja kamu malah jadi depresi karena hal ini.

5. Rencanakan Liburan Selanjutnya

Gunakan waktu luangmu untuk melihat kalender dan perhatikan tanggal-tanggal merah atau tanggal yang bisa kamu jadikan waktu untuk liburan berikutnya di tahun ini atau tahun depan. Tidak ada salahnya juga kamu mencari penginapan, tiket pesawat, dan buat tentative itinerary untuk perjalanan selanjutnya. Jika waktu tersebut menurutmu terlalu lama, maka kamu bisa rencanakan liburan akhir pekan berkeliling kota, wisata kuliner, atau berkunjung ke kota terdekat. Ini akan membantumu untuk semangat kembali dalam beraktifitas.

Sumber : travel kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar