Senin, 29 Agustus 2016

Biar Gak Bingung Saat Pertama Kali Nginep di Hotel Berbintang, Simak Tips Berikut



Selalu ada hal pertama kali yang akan kamu lakukan, misalnya pertama kali kamu akan menginap di hotel berbintang untuk liburan atau bisnis. Hotel berbintang memiliki standar khusus untuk melayani tiap tamunya agar merasa nyaman menginap di hotl tersebut. Agar kamu tidak bingung saat pertama nginap di hotel berbintang, kamu bisa simak tips berikut ini :

1. Reservasi Online

Berbeda dengan hotel melati atau hostel, biasanya hotel berbintang memiliki situs khusus yang bisa kamu gunakan untuk memesan kamar. Kamu bisa booking minimal 2 hari sebelum hari H agar tidak kehabisan kamar. Hotel berbintang juga memiliki beberapa jenis kamar dengan fasilitas yang berbeda-beda yang sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari kamar standard, deluxe, family room, one bedroom suite, hingga presidential suite. Tentukan tanggal menginap, lama menginap, dan dapatkan kamar yang kamu inginkan, kamu juga bisa memesan hotel berbintang disitus pemesanan hotel.

2. Waktu Check-in & Check-out

Sebagian besar hotel di Indonesia memiliki waktu untuk check in dan check out yaitu pukul 14.00 untuk check in dan 12.00 untuk check out keesokan harinya. Jika kamu tiba sebelum waktu check in, beberapa hotel juga memberikan kebijakan early check in dan late check out tambahan 1 jam. Yang bisa kamu dapatkan, tetapi kamu harus konfirmasi pada pihak hotel dahulu sebelum early check in & late check in.

3. Deposit

Saat check in, biasanya kamu akan diminta untuk menyerahkan kartu kredit atau sejumlah uang tunai sebagai deposit. Jumlahnya tergantung dari kebijakan hotel. Deposit atau jaminan ini akan dikembalikan saat kamu check out dari hotel.

4. Tip Untuk Petugas Hotel

Saat check in, biasanya barang-barangmu akan langsung dibawakan oleh petugas hotel menuju kamar. Sehingga kamu tidak perlu membawa barang-barangmu lagi. Karena hal ini banyak tamu yang memberikan tip pada petugas. Ini tidak wajib lho, hanya sebagai ucapan terima kasih saja.

5. Minibar & Internet

Sesampainya di kamar hotel, kamu akan melihat minibar yaitu kulkas yang sudah diisi dengan beberapa minuman dan makanan kecil. Perlu kamu ketahui, semua makanan dan minuman yang ada di minibar tersebut belum termasuk fasilitas gratis lho alias bayar. Jika kamu meminum atau makan makanan yang ada, kamu harus membayar saat check out. Tetapi biasanya ada dua botol air mineral gratis yang sudah disediakan secara cuma-cuma. Selain itu, hotel berbintang juga menyediakan fasilitas internet gratis, tetapi ada baiknya kamu tanyakan mengenai faslitas internet tersebut bisa di akses gratis atau tidak.

6. Perlengakapan Mandi

Berbeda dengan amenities yang ada di kamar mandi seperti sabun, sampo, lotion, dan sikat gigi bisa kamu gunakan secara gratis. Jangan sampai salah ambil antara handuk dan keset ya. Biasanya keset diletakkan di dekat bathtub atau shower, sedangkan handuk terlipat di bagian atas. Bisa di toilet atau di bagian atas bathtub.

7. Kunci Hotel

Kunci yang digunakan hotel berbintang tidak sama seperti kunci rumah pada biasanya. Kunci yang digunakan berupa kartu sensor, cukup tap pada bagian luar pintu makan pintu kamar akan terbuka. Kartu sensor ini juga berguna untuk menyalakan listrik kamar dengan meletakkan di box dinding dekat pintu. Saat membawa kartu ini, sebaiknya jauhkan dari benda elektronik yang kamu bawa ya. Manfaatkan juga safety box yang ada jika kamu membawa barang berharga.

8. Sarapan

Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap biasanya sudah termasuk biaya untuk sarapan. Jika kamu booking kamar belum termasuk sarapan, kamu tetap bisa sarapan dengan biaya yang harus kamu bayar saat check out. Biasanya dalam satu hotel terdapat beberapa restoran, agar tidak bingung kamu bisa tanyakan restoran yang menyajikan sarapan. Pastikan juga waktu untuk sarapan di hotel tersebut, biasanya waktu sarapan mulai dari 07.00 – 10.00.

9. Lost & Found

Sebelum meninggalkan kamar hotel sebaiknya kamu cek semua sisi kamar hingga kamar mandi agar tidak ada barang yang tertinggal. Kamu tidak perlu khawatir jika barangmu tertinggal, karena di hotel berbintang menyediakan fasilitas lost & found. Saat petugas housekeeping membersihkan kamar dan menemukan barang tamu yang tertinggal, biasanya barang tersebut akan disimpan selama waktu yang telah ditentukan hingga pemilik datang untuk mengambilnya.

Sumber : Travel Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar