Selasa, 30 Agustus 2016

Do & Dont's Sebelum Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali



Selain mempersiapkan dokumen-dokumen penting, perlengakapan, pakaian yang akan dibawa, keadaan cuaca, kamu juga perlu memperhatikan do & donts saat berada di luar negeri. Karena, beda negara beda juga peraturan yang dibuat. Agar perjalananmu tetap menyenangkan selama di luar negeri, kamu bisa ikuti tips berikut ini :

Do :

1. Menukar Uang

Sebelum berangkat ke suatu negara, sebaiknya kamu tukarkan uang secukupnya. Karena mungkin kamu belum mengetahui tempat-tempat penukaran uang di negara tujuanmu. Menukarkan uang di bandara bisa saja kamu lakukan, tapi biasanya harga yang ditawarkan lebih tinggi.

2. Atur Jam Sesuai Dengan Waktu Setempat

Sesampainya di negara tujuan ada baiknya kamu ubah waktu di jam tangan ataupun di handphone menjadi waktu setempat. Karena hal ini akan membantumu menyesuaikan waktu jika kamu ingin berkunjung ke suatu tempat yang memiliki jam khusus, ini juga akan membantumu menyesuaikan jam terbang kepulanganmu ke negara asal agar tidak ketinggalan pesawat.

3. Belajar Bahasa Asing & Tata Krama Negara Tersebut

Tidak harus lancar berbahasa asing, kamu cukup mengetahui ucapan untuk 'maaf' dan 'terimakasih' dalam bahasa lokal. Selain itu, kamu juga harus tahu aturan yang ada seperti, berpakaian, berbicara, etika makan, masuk ke tempat ibadah, budaya antri, dan lainnya. Tidak ada salahnya kamu senyum pada setiap orang yang kamu temui di tempat ibadah, karena senyum merupakan bahasa universal yang dapat di terima di seluruh dunia.

4. Matikan Paket Data

Saat berada diluar negeri, otomatis biaya paket internet yang ada juga berbeda dan tentunya lebih mahal. Sebaiknya matikan paket data sebelum pergi dan ganti SIM card dengan SIM card negara tujuan agar kamu bisa berhemat untuk urusan paket data. Atau kamu bisa manfaatkan wifi hotel atau tempat umum lainnya.

Dont's :

1. Jangan Bawa Cairan Dalam Kabin Pesawat
Jika tidak ingin parfum, lotion, atau krim mu dibuang begitu saja saat pemeriksaan di bandara. Sebaiknya simpan semua benda cair yang kamu bawa dalam koper. Karena penerbangan international memiliki aturan khusus untuk jenis cairan apapun dan hanya diperbolehkan dibawa ke dalam kabin dengan ukuran masing-masing 100 ml.

2. Jangan Langgar Aturan Setempat

Kamu harus mengetahui larangan-larangan negara tujuanmu dengan mencari di internet, karena bisa saja kamu melakukan hal yang kamu anggap sepele, seperti meludah di Singapore akan dikenakan denda yang cukup mahal. Jadilah pengunjung yang taat aturan ya.

3. Jangan Mudah Percaya Pada Orang Yang Baru diKenal

Saat berada di luat negeri kamu harus waspada pada orang yang baru kamu kenal. Karena bisa saja orang tersebut memiliki niat jahat seperti, ingin menolongmu untuk berfoto disuatu tempat wisata tapi bisa saja gadget-mu dibawa kabur. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya kamu harus lebih waspada pada siapapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar