Minggu, 14 Agustus 2016

Dengan Cara Ini, Dijamin Kamu Tidak Akan Ketinggalan Pesawat!


Banyak penumpang yang memilih menggunakan pesawat karena lebih efisien dan menghemat waktu perjalanan, terutama saat musim liburan tiba. Tidak heran jika bandara dipenuhi oleh penumpang yang ingin check in. Agar proses check in lancar dan tidak butuh waktu lama, kamu bisa ikuti tips berikut ini :

1. Pastikan Bandara dan Terminal Keberangkatan

Seperti Kota Jakarta yang memiliki dua bandara yaitu Soekarna Hatta dan Halim Perdana Kusuma, kamu bisa pastikan dahulu sebelumnya kamu akan terbang melalui bandara mana. Setelah itu, kamu juga harus mengetahui terminal keberangkatanmu agar tidak menghabiskan waktu berputar-putar di bandara.

2. Berangkat Lebih Awal dan Cek Rute Munuju Bandara
Karena kondisi perjalanan menuju bandara tidak bisa dipastikan, ada baiknya kamu datang lebih awal yaitu 2-3 jam lebih awal. Atau kamu bisa manfaatkan aplikasi lalulintas seperti waze dan google maps untuk mengetahui keadaan perjalanan menuju bandara dan cek rute terdekat. Hal ini akan memudahkanmu mengikuti prosedur tanpa terburu-buru mulai dari pemeriksaan barang, check in, sampai masuk gate keberangkatan.

3. Naik Kendaraan Umum
Jika kamu takut lahan parkir bandara penuh atau tidak cukup luas, menggunakan kendaran umum seperti bus damri atau taksi bisa jadi pilihan yang tepat. Karena dengan kendaraan umum kamu bisa langsung turun di terminal keberangkatan dan tidak perlu mencari tempat parkir.

4. Online Chek In

Beberapa maskapai telah menyediakan fasilitas online check in dengan waktu beberapa hari hingga 4 jam sebelum keberangkatan melalui situs resmi atau aplikasi dari smarthpone. Jika kamu sudah melakukan online check in, kamu tidak perlu mengantre untuk check in di konter konvensial. Tetapi kamu bisa antre di konter tersendiri yang biasanya beeada di ujung kiri atau kanan.

5. Group Check In

Jika kamu adalah penumpang rombongan, ada baiknya kamu antre di konter group check in. Selain itu, kumpulkan KTP dan bukti tiket pesawat pada salah satu diantara rombonganmu yang datang lebih awal untuk melakukan proses check in.

6. Lepas Jam Tangan, Ikat Pinggang, dan Aksesoris

Saat pemeriksaan keamanan, semua penumpang diharuskan untuk melepaskan semua aksesoris yang digunakan seperti jam tangan, ikat pinggang, anting, kalung, jaket, topi, kaca mata hitam, dan lainnya. Untuk menghemat waktu, sebaiknya jika menggunakan aksesoris tersebut lepaskan terlebih dahulu dan simpan dalam tas sampai gerbang keberangkatan.

Sumber : travel kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar