Minggu, 21 Agustus 2016

Ngurus Visa Jepang? Gampang kok, Begini Caranya!



Untuk mengurus visa Jepang ada dua cara, pertama mengurus visa yang telah memiliki e-paspor dan mengurus visa bagi kamu yang memiliki paspor biasa. Perbedaannya, jika kamu memiliki e-paspor kamu cukup mengisi form permohonan bebas visa ke Jepang dan datang ke Kedutaan Besar Jepang sesuai wilayah yudikasi untuk menyerahkan e-paspor dan form tersebut. Proses visa menggunakan e-paspor ini minimal selama dua hari. Sedangkan bagi kamu yang memiliki paspor biasa, kamu harus melengkapi data-data yang dibutuhkan. Untuk kejelasanannya simak artikel berikut ini ya :

1. Sesuaikan Jenis Tujuanmu ke Jepang

Sebelum mengajukan pembuatan visa, kamu di haruskan untuk membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut harus sesuai dengan jenis visa yang akan kamu buat. Kalau tujuanmu ke jepang untuk berlibur, kamu memilih jenis visa nomor 4 yaitu Visa Kunjungan Sementara untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri. Dari jenis visa tersebut kamu bisa tahu dokumen apa saja yang kamu butuhkan, dan urutkan semua dokumen sesuai dengan list persyaratan dokumen.

2. Datang Lebih Awal

Kalau kamu tidak mengantri panjang, kamu bisa datang lebih awal. Kedubes Jepang buka dari jam 08.00 – 12.00 untuk pembuatan visa. Sesampainya disana kamu akan diarahkan oleh petugas yang ada dan jangan malu bertanya jika masih bingung.

3. Budaya Antri

Karena budaya antri dan disiplin di Jepang sudah melekat, maka proses pembuatan visa ini juga harus antri dan disiplin. Saat memasuki ruang untuk mengurus visa, kamu bisa mengambil antrian di mesin pencetak A. karena mesin cetak B untuk layanan administrasi orang Jepang. Perlu di ingat, saat berada di dalam kamu dilarang foto dan telepon lho. Tapi kalau sekedar bermain handphone masih diperbolehkan. Setelah nomor antrianmu tertera dilayar, kamu bisa langsung serahkan dokumen yang telah kamu urutkan. Jika petugas sudah mnegecek kelengkapan dokumenmu, maka kamu akan menerima tanda terima dan visa-mu bisa diambil tiga hari kemudian.

4. Bawa Makan dan Minum Secukupnya

Karena antrian yang lumayan panjang yang membutuhkan waktu berjam-jam, kamu bisa membawa makanan kecil dan minuman untuk mengganjal perutmu selama antri. Karena di sana cukup sulit untuk mencari makanan dan minuman. Ingat ya, hanya makanan kecil dan minuman saja.

5. Pengambilan Visa

Untuk proses pengambilan visa, kamu bisa datang dari jam 13.00 – 14.00. Kalau tidak mau antri, kamu bisa datang lebih awal, walaupun jam pelayanan pengambilan visa belum dibuka. Jangan lupa untuk mengambil nomor antrain lagi. Jangan sampai kamu sudah menunggu lama tapi lupa mengambil nomor antrian. Setelah nomor antrianmu tertera, kamu bisa serahkan tanda terima pada petugas. Nanti petugas akan memberikan visa dan kwitansi pembayarannya.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke Kedubes Jepang. Kamu bisa menggunakan jasa travel agent terpercaya untuk proses ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar