Kamis, 25 Agustus 2016

Kuliner Legendaris Solo Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan!



Selain terkenal dengan kota yang berpenduduk ramah, Solo juga memiliki segudang kuliner yang wajib kamu cicipi saat berada di sana. Mulai dari menu kuliner es hingga sate bisa membuat mu terngiang oleh rasanya. Berikut lima rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba :

1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi (image : tribunnews)
Kalau kamu ingin mencicipi ramuan es dawet tradisional solo, kamu bisa datang ke warung es dawet telasih bu dermi. Karena resep es dawet ini sudah turun temurun tiga generasi. Semangkuk es dawet berisi ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, gula cair, santan dan es batu yang akan menyegarkan tenggorakanmu dengan harga Rp 8.000/mangkuk. Kamu bisa datang hingga pukul 15.00 WIB

Lokasi : Jalan Urip Sumoharjo, Jebres, Solo, Jawa Tengah

2. Lenjongan

lenjongan (image : travel.kompas.com)
Makanan tradisional selanjutnya yang bisa kamu cicipi adalah lenjongan. Lenjongan berisi tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai menu sarapan khas Solo. Harganya juga cukup murah, dengan Rp 4.000 kamu sudah bisa mengisi perut untuk persiapan perjalanan di Solo. Kamu bisa datang ke warung Yu Sum dari jam 07.00 – 14.00 WIB .

Lokasi : Pasar Gede Solo, Jl. Urip Sumoharjo

3. Brambang Asem

brambang asem (image : wisatasolo.id)
Brambang asem adalah makanan yang terbuat dari ubi dicampur sambal asam jawa yang terasa pedas dan manis. Brambang asem cocok dimakan dengan tempe gembos yang dibacem. Tempe gembos berbeda lho dari tempe biasanya. Karen tempe gembos terbuat dari ampas tahu bukan dari kacang kedelai. Kamu bisa menemukan brambang asem di penjual lenjongan, Yu Sum. Cukup dengan Rp 4.000 kamu sudah bisa mencicipi hidangan ini.

Lokasi : Pasar Gede Solo, Jl. Urip Sumoharjo

4. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang (image : makanmakan.com)
Kuliner murah yang bisa cicipi selanjutnya adalah nasi tumpang yang terbuat dari tempe busuk. Tetapi jangan bayangkan tempe yang benar-benar busuk ya, maksud dari tempe busuk di sini adalah tepat yang berusia dua hari setelah pembuatan. Nasi tumpang disajikan dengan tahu putih, daun bayam rebus, dan tempe yang telah diolah kemudian disiramkan di atas daun bayam. Harga seporsinya Rp 5.000 saja. Makan nasi tumpang akan terasa lebih nikmat jika ditemani dengan kerupuk khas Solo, Karak.

Lokasi : Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Urip Sumoharjo

5. Sate Buntal

sate buntal (image : soloraya.com)
Menu sate yang bisa kamu coba di Solo adalah sate buntal. Karena menu sate ini berbeda dari menu sate lainnya. Cacahan daging kambing yang dibalut lemak daging, dililitkan di sebilah bambu seperti sate lilit Bali, kemudian dibakar. Saat digigit, dagingnya terasa empuk, tidak bau, dan kuah bumbu kecap yang gurih sangat terasa dan menyerap dalam daging kambing. Satu poris sate buntal berisi dua tusuk sate dengan harga Rp 35.000.

Lokasi : Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 122, Surakarta

sumber : travel kompas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar