Selasa, 13 Desember 2016

Sebelum Membeli Ransel Saat Traveling, Tips Ini Akan Membantumu Agar Tidak Menyesal



Pemilihan ransel yang tepat sangatlah penting untuk kesehatan punggung. Salah memilih ransel, kamu bisa mengalami sakit punggung dengan konsekuensi cukup fatal lho. Oleh karena itu, kamu perlu memilih ransel yang tepat dan sesuai denganmu saat hendak traveling. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih ransel :

1. Tujuan
Selain tujuannya untuk traveling, kamu juga harus tahu jenis perjalanan seperti apa yang akan kamu lakukan. Jika kamu membawa ransel yang besar otomatis barang yang akan kamu bawa juga makin banyak dan akan membebani punggungmu. Ada baiknya ransel berukuran 40 liter cukup untuk perjalanan dalam jangka waktu 3 hari hingga 3 minggu, dengan catatan kamu rajin mencuci baju saat perjalanan. Atau jika perjalananmu lebih lama dari itu, kamu bisa menggunakan ransel yang lebih besar lagi. Untuk merk kamu bisa pertimbangkan merk peralatan naik gunung yang dirancang untuk perjalanan jauh dan lama.

2. Tali Pengikat di Pinggang dan Dada
Banyak pengguna ransel yang meremehkan kedua tali ini. Padahal fungsi dari kedua tali ini, agar beban di punggung bisa di transfer ke pinggang dan juga dada jika di pasang dengan benar. Selain itu, perhatikan juga tali ransel yang dirancang untuk cewek berbeda dengan ransel yang dirancang untuk cowok. Tali pada ransel cewek lebih berlekuk untuk menyesuaikan bentuk dada dan pinggang, sedangkan tali pada ransel cowok cenderung lurus. Jangan sampai salah ya.

3. Rangka Punggung
Selain tali pengikat pinggang dan dada yang dibedakan antara cewek dan cowok. Rangka ransel juga dibedakan bentuk dan ukurannya. Jika dilihat sekilas hampir sama, tapi akan terasa efeknya dalam jangka waktu lama. Cewek cenderung kurang cocok menggunakan ransel dengan rangka cowok karena memiliki torso yang relatif lebih pendek. Rangka ransel cowok cenderung lebih panjang sehingga menyulitkan cewek mendongak karena tengkuknya akan terhalang rangka.

4. Coba Ransel Sebelum Membeli
Sebelum memutuskan membeli ransel, sebaiknya kamu coba ransel tersebut di toko. Setelah itu, ikat juga semua tali pengikat yang ada dan isi dengan sedikit barang agar beban terasa di punggung. Untuk meyakinkan, tidak ada salahnya kamu berlari menggunakan ransel tersebut. Karena ransel yang nyaman itu tidak berguncang saat kamu berlari. Ini perlu kamu lakukan, karena bisa saja kamu dikejar anjing atau lari karena takut ketinggalan kerata, bus, dan lainnya. Cara lainnya adalah mencoba ransel milik temanmu sehingga kamu bisa mempertimbangkan hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ranselmu sendiri.

5. Harga
Kamu tidak harus membeli ransel mahal dan bermerek untuk mendapatkan ransel dengan kualitas baik. Beberapa merek tersebut dijual cukup mahal karena rancangan dan bahan memang dipikirkan. Tapi, kamu juga bisa membeli ransel dengan merek lokal yang kualitas tidak kalah dengan merek asing. Lagipula, merek lokal memiliki ukuran yang cocok untuk tubuh orang Indonesia. Agar tidak menyesal setelah membeli, tidak ada salahnya kamu lakukan survei seperti baca artikel, dan banyak bertanya di forum-forum. Kalau ransel baru terlalu mahal, kamu bisa cari ransel di forum jual beli barang bekas atau forum jual beli yang menjual dengan harga miring.

6. Jangan Takut Ganti
Setelah semua pertimbangan kamu lakukan dan memutuskan membeli ransel yang tepat, tidak menutup kemungkinan ransel yang sudah kamu gunakan beberapa kali perjalanan tidak lagi cocok digunakan untuk perjalanan lainnya. Untuk hal ini kamu tidak perlu ragu mengganti ranselmu. Karena, ransel yang tidak sesuai akan berakibat fatal pada kesehatan punggungmu, jika digunakan dalam jangka panjang.

Sumber : jalan2men.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar