Senin, 19 Desember 2016

Begini Cara Yang Ampuh Biar Gak Mabuk Saat Perjalanan



Melakukan perjalanan traveling memang harus disiapkan secara matang sebelum keberangkatan, misalnya saja kamu harus menyiapkan semua kebutuhan selama liburan seperti tiket, akomodasi hingga obat-obatan. Untuk obat-obatan ini merupakan salah satu kebutuhan yang jangan sampai terlewatkan, karena bisa saja dalam perjalanan ada salah satu anggota keluarga sakit atau mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan bisa terjadi karena selama beberapa jam dalam perjalanan anggota tubuh relatif diam, tidak banyak bergerak sehingga panca indera seperti mata, telinga bagian dalam dan tubuh mengirim pesan yang tidak sinkron dengan otak. Sebelum mengalami mabuk perjalanan, kamu bisa lakukan beberapa tips berikut ini :


  • Sebelum melakukan perjalanan, jangan biarkan perutmu dalam keadaan kosong atau malah terlalu kenyang. Makanlah makanan yang mudah dicerna dengan jumlah yang cukup. Selain itu, hindari juga makanan yang pedas, berkuah seperti soto atau sayuran, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung kadar asam yang lumayan tinggi yang lambat dicerna tubuh.
  • Air putih memang minuman terbaik. Usahakan tidak meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena kafein bisa memicu timbulnya dehidrasi dan mabuk. Lebih baik minum air putih secukupnya sebelum bepergian.
  • Untuk mencegah mabuk, kamu bisa mengkonsumsi makan yang berbahan dasar jahe seperti permen atau minuman jahe yang diseduh. Simpan dalam dashboard mobil atau tas agar mudah dicari.
  • Kalau kamu bepergian dengan kendaraan pribadi, sebaiknya istirahat selang beberapa jam untuk mengembalikan stamina dan mengusir kantuk.


Tapi, jika kamu sudah terlanjur mabuk. Inilah yang harus kamu lakukan :

  • Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, carilah rest area terdekat atau bahu jalan yang aman untuk beristirahat sejenak.
  • Sediakan plastik kecil untuk menampung muntahan agar tidak terkena pakaian dan jok mobil. Setelah itu, kamu bisa kumur-kumur atau minum air putih untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dalam mulut
  • Oleskan minyak kayu putih atau minyak angin pada dada, leher, perut, dan pelipis untuk menenangkan. Gunakan minyak kayu putih atau minyak angin dengan tingkat kehangatan/panas yang sesuai dengamu.

Sumber : Drufgaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar