Senin, 12 Desember 2016

Mau Belanja Oleh-oleh Saat Liburan? Simak Tipsnya Di Sini!



Untuk wisatawan lokal, membeli oleh-oleh saat liburan tentunya menjadi salah satu kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Membeli oleh-oleh menjadi keunikan tersendiri dan rasanya kurang afdol jika setelah liburan tangan hampa tanpa membawa aneka oleh-oleh. Agar tidak terjadi pembengkakan biaya ataupun kelebihan membawa muatan, sebaiknya simak tips cara asik membeli oleh-oleh seperti di bawah ini :

1. Hitung Biaya
Hitung dari jauh-jauh hari biaya yang akan kamu pakai untuk membeli oleh-oleh. Sebaiknya pisahkan juga uang yang akan digunakan agar tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Usahakan biaya oleh-oleh tidak melebihi budget yang sudah kamu tentukan ya.

2. Buat List
Agar tidak lupa, sebaiknya kamu buat list barang apa saja yang akan dibeli. Hal ini akan memudahkanmu mencari barang atau makanan yang agar tidak terlewat atau lupa.

3. Beli di Pusat Oleh-oleh
Sebelum membeli oleh-oleh ada baiknya kamu tanya teman, searching, atau tanya staff hotel lokasi pusat oleh-oleh dengan harga murah dan barang-barang yang unik. Supaya oleh-olehmu tetap berkesan, belilah makanan atau barang khas dari kota yang kamu kunjungi. Jangan lupa cek tanggal kadaluarsa sebelum membeli dan hindari membawa oleh-oleh yang berbau menyengat ya, karena bisa mengganggu penumpang lainnya.

4. Jangan Malu Menawar
Tidak ada salahnya kamu menawar setiap transaksi hingga setengah harga dan jangan tunjukkan kalau kamu sangat berminat dengan barang tersebut agar penjual memberi potongan harga. Ajak juga temanmu untuk berbelanja, karena biasanya semakin banyak belanja semakin banyak diskon yang diberikan. Gunakan bahasa daerah jika kamu bisa, karena proses tawar menawar jadi lebih mudah kalau kamu menggunakan bahasa setempat.

5. Terlalu Banyak Oleh-oleh
Jika oleh-olehmu lumayan banyak dan melebihi batas bagasi pesawat. Kamu bisa tanyakan pada pemilik toko, apakah oleh-oleh yang kamu beli bisa dikirim menggunakan jasa kurir. Hal ini akan membantumu karena lebih mudah dan praktis.

Selain tips di atas, sebaiknya hindari juga penggunaan kartu kredit agar tidak boros dan kalap saat membeli oleh-oleh. Kamu juga perlu luangkan waktu khusus untuk membeli oleh-oleh, karena jika kamu membeli dengan terburu-buru bisa saja kamu salah membeli barang, ada barang yang terlewat dibeli atau tidak menawar dan membeli dengan harga yang cukup mahal.

Sumber : Drufgaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar