Kamis, 29 Desember 2016

Yuk, Liat Langsung Keseruan Pesta Reba 2017 di Flores!



Pesta Reba adalah salah satu pesta besar yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya di Flores. Pesta ini biasa diadakan dari bulan Desember, Januari, Februari, dan acara puncaknya di pertengahan Januari, yaitu sekitar tanggal 14 – 16 Januari 2017. Pesta ini dirayakan untuk menyambut tahun baru dan sebagai salah satu pesta adat yang digelar oleh suku Ngada, tepatnya di Desa Bena Flores.

Salah satu ciri khas dari Pesta Reba adalah makan ubi bersama-sama sambil diiringi tarian tradisional Besa Uwi. Pertunjukkan tarian tersebut juga biasanya diiringi dengan lagu O Uwi yang memiliki arti pemujaan terhadap ubi sebagai makanan pokok bagi warga Ngada.


Pesta Reba (images : tourism.nttprov.go.id)
Karena keunikannya, banyak turis yang datang untuk menyaksikan upacara dan pertunjukan yang mengandung nilai-nilai kebudayaan. Untuk oleh-oleh, kamu juga bisa membeli kain asli hasil tenunan warga setempat.

Selain sebagai simbol rasa syukur, Pesta Reba juga menjadi salah satu simbol upacara penghormatan kepada leluhur masyarakat Ngada dan pesta pemersatu kampung-kampung kecil yang ada di sana. Selama mengikuti Pesta Reba, kamu bisa mengunjungi rumah-rumah tradisional warga asli Ngada. Bahkan kamu bisa berfoto sambil mengenakan pakaian tradisional yang biasa mereka gunakan untuk pesta besar seperti Pesta Reba ini.

Kalau belum puas menyaksikan Pesta Reba dan ingin melanjutkan liburan, kamu masih bisa mengunjungi tempat-tempat liburan lainnya seperti di Ende, Labuan Bajo, dan lainnya. Seru kan?


Sumber : brilio.net  
Image : pariwisatangada.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar