Minggu, 18 Desember 2016

Sebelum Liburan Ke Jepang, Baiknya Tahu Berbagai Aturan di Negeri Sakura Ini



Negeri sakura yang memiliki 4 musim ini dikenal dengan tingkat disiplinnya yang tinggi. Sebagai turis yang ingin berlibur, tentunya kamu harus mengenal dan mentaati aturan yang berlaku agar liburanmu tetap menyenangkan. Berikut adalah aturan di Jepang yang harus kamu ketahui saat berlibur :

1. Dilarang Merokok Sembarang Tempat
Kamu yang memiliki kebiasaan merokok, selama di Jepang perlu hati-hati memilih tepat untuk merokok. Karena jika ketahuan merokok di sembarang tempat kamu akan dikenakan denda sebesar US $ 400 atau setara dengan Rp 5,000,000. Tidak mau dapat denda kan? Nah, sebelum merokok kamu pastikan dahulu ada tanda “Tobacco Corners” atau tidak karen, hanya di tempat bertanda itu kamu diperbolehkan merokok.

2. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan
Tidak ada alasan membuang sampah sembarangan di Jepang. Karena disepanjang jalan kamu pasti menemukan tempat sampah. Kalau kamu berani melanggar aturan, siap-siap saja mendapat tatapan mata sinis dari warga Jepang yang melihatmu buang sampah sembarangan. Jangan lupa untuk membuang sampah sesuai jenis dan sifatnya ya.

3. Jangan Menunjuk Orang Karena Dianggap Tidak Sopan
Selain di Indonesia, menunjuk seseorang di Jepang juga dianggap tidak sopan lho. Selain menunjuk, kamu juga dilarang menunjuk dengan menggunakan sumpit, apalagi dengan kaki. Tunjuklah orang dengan menunjukkan jari tangan yang terentang seperti yang kamu lakukan di Indonesia.

4. Sembunyikan Tato yang Kamu Miliki
Kalau kamu memiliki tato di salah satu bagian tubuh yang bisa terlihat di tempat umum seperti di kolam renang, sebaiknya kamu hati-hati. Karena bisa saja kamu dianggap bagian dari mafia Jepang alias Yakuza.

5. Tidak Memberi Tip
Jika memberi tip di Indonesia dianggap sebagai tanda terima kasih, berbeda jika kamu memberi tip di Jepang. Memberi tip di Jepang dianggap tidak sopan dan warga Jepang akan menolak dan mengembalikan tip yang kamu berikan, bahkan mereka bisa mengejarmu untuk mengembalikan tip tersebut.

6. Gunakan Jembatan Penyebrangan
Jangan malas menggunakan fasilitas yang satu ini. Jika kamu nekat menyebrang di jalanan, siap-siap mendengar suara klakson walaupun jaraknya cukup jauh.

7. Budayakan Antri
Walaupun warga Jepang terkenal dengan workaholic dan  sangat sibuk, tetapi mereka tetap antri dalam segala hal. Seperti antri membeli tiket, masuk kereta, membeli makanan, atau hal lainnya yang harus mengantri. Jangan sekali-kali kamu menyelak antrian ya!

8. Aturan di Kereta
Saat naik kereta di Jepang, yang harus kamu taati adalah tidak boleh membawa makanan, minuman dan berbicara dengan suara keras. Jika ingin berkomunikasi melalui telepon, sebaiknya gunakan pesan singkat agar penumpang lain tidak terganggu.

Sumber : Drufgaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar