Kamis, 27 Oktober 2016

Pantai Tanjung Kelayang : Gugusan Batu Granit Unik dan Air Laut Hijau Toska



Setelah booming film Laskar Pelangi beberapa tahun lalu, Belitung menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang dipilih oleh para wisatawan karena memiliki banyak keindahan alam terutama pantai dan pulau-pulau yang tersebar disekelilingnya. Jika kamu berencana untuk liburan ke Belitung, salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang.

Berjarak 27 km dari pusat Kota Belitung, kamu akan menemukan pantai dengan landscape unik yaitu gugusan batu granit dengan bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Keunikan lainnya, batu granit tersebut ada yang berbentuk seperti kepala burung garuda dan juga bentuk seekor kura-kura raksasa. Tidak heran jika batu granit yang ada di pantai ini menjadi Maskot Sail Wakatobi – Belitong pada tahun 2011 lalu.


Pantai Tanjung Kelayang (image : indonesia-tourism.com)
Selain gugusan batu granit yang unik, Pantai Tanjung Kelayang juga memiliki pasir yang lembut, air laut dengan gradasi warna biru dan hijau toska, ombak yang tenang dan suasana pantai yang bisa membuatmu tenang. Bahkan kamu juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di tepi pantai karena air lautnya yang sangat jernih.

Untuk menikmati pantai ini dari sisi lain, kamu bisa naik jembatan yang sengaja dibuat agar wisatawan yang datang bisa leluasa melihat pemandangan yang ada. Dari jembatan ini juga kamu bisa melihat batu granit yang berbentuk seperti kepala burung garuda yang sangat unik.

Jangan langsung pulang setalah menikmati keindahan pantai ini, karena saat sore menjelang malam hari kamu bisa menikmati matahari terbenam dengan background batu granit, kapal nelayan yang berjajar dan beberapa pulau kecil yang ada di sana. Nikmati gradasi warna terang yang perlahan menjadi gelap. Super keren!

Esok harinya kamu bisa mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang dengan menyewa beberapa perahu yang ada di sana. Saat di gelar acara Sail Indonesia, banyak juga yacht dari luar negeri yang bersandar di sini lho. 

Sumber : zonalibur.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar