Senin, 30 Mei 2016

Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Tradisi Unik di Beberapa Negara!



Tradisi unik saat berbuka puasa bukan hanya ada di Indonesia saja lho. Ternyata di beberapa negara yang umat muslimnya minoritas juga punya tradisi unik saat bulan Ramadhan. Berikut tradisi unik saat Ramadhan yang ada di beberapa negara :

1. Kerajaan Maroko
Negara yeng terletak di Benua Afrika bagian Utara ini memiliki tradisi unik saat ramadhan. Masyarakat Maroko biasa ngabuburit dengan bermain alat kesenian rebab, seperti yang ada di Sumatera Barat. Tidak sedikit juga warga yang datang ke kawasan Medina Argana (Djemaa el Fna) yang merupakan alun-alun kota. Djemaa el Fna juga ramai dengan berbagai macam atraksi dari para seniman lokal. Mulai dari pemain gambus, atraksi ular, pembuat tato Henna sampai topeng monyet. Selain itu ada sejumlah tradisi unik mengisi Ramadan tiap tahunnya.

2. Qatar
Setelah berbuka puasa di tanggal 13 – 15 bulan Ramadhan, akan berlangsung festival khusus anak yang bernama Garangaou. Biasanya dalam festival ini, anak laki-laki menggunakan baju arab hitam bertompi merah dan bersulam emas. Sedangkan anak perempuan akan berbalut pakaian tradisional Disdaashas berwarna cerah lengkap dengan ikat kepala bukhnig atau hijab hitam transparan berhias benang emas. Anak-anak tersebut akan berpawai dan bernyanyi sambil mendatangi rumah penduduk untuk meminta permen atau kue.

3. India
Ramazan adalah sebutan bagi penduduk India untuk menyebut bulan Ramadhan. Biasanya para pria akan menyambut bulan ini dengan menghiasi mata mereka dengan kohl yaitu sejenis celak mata. Tidak hanya itu saja, di negara ini bihun merupakan menu favorit yang sering dihidangkan saat berbuka dengan buah-buahan manis, ganghui sup yang dibuat dari terigu, beras dan juga potongan daging. Saat sahur biasanya mereka berbuka dengan minuman khusus yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian yang disebut harir.

4. Singapura
Masjid Sultan sangat ramai dikunjungi saat Ramadhan tiba, karena biasanya di tempat ini banyak diadakan bazaar makanan seperti makanan ala Timur Tengah, India, hingga Indonesia. Bazaar ini dibuka dari jam 15.00 – 20.00 waktu setempat. Tidak hanya dikunjungi oleh warga asli Singapura lho, banyak juga warga negara lain yang berkunjung ke Masjid Sultan untuk mencicipi kuliner dan beribadah.

5. Jerman
Turki adalah negara mayoritas islam yang ada di Jerman. Jadi kamu tidak perlu heran jika suasana Turki akan sangat terasa di sana. Tradisi unik yang biasa dilakukan di Jerman adalah hadirnya suus yaitu minuman berbahan baku gula hitam, dschellab minuman campuran gula dan sirup kurma, qamruddin merupakan jus aprikot, qata'ef yaitu kue kering yang direndam sirup gula, dan kalladsch makanan dari adonan pilo isi kacang-kacangan.

Sumber : mensobsession.com
Image : dohanews.co 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar