Minggu, 22 Mei 2016

Mau Berenang Bareng Ubur-ubur? Yuk, ke Pulau Derawan!



Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Derawan sangat terkenal dengan wisata baharinya yang menawan seperti pantai dan taman bawah laut yang terkenal dengan keindahannya. Wajar saja Derawan sangat diminati wisatawan domestik sampai mancanegara terutama penyelam kelas dunia. Tidak hanya alam baharinya saja yang menawan, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di dermaga umum Pulau Derawan dan sunrise-nya di dermaga utama Pulau Derawan.

Sesampainya kamu di Pulau Derawan, kamu akan disambut dengan penyu hijau yang berenang di tepian pantai. Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di sini seperti, berjemur, berenang, melihat penyu, bersepeda, snorkeling dan juga diving. Untuk snorkeling dan diving, kamu bisa menyewa alatnya di beberapa jasa dive operator dengan biaya Rp 50.000 untuk alat snorkeling/hari. Untuk menyewakan perlengkapan diving, kamu harus mengocek biaya sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000. Kamu bisa snorkeling di Coral Garden atau di sekitaran dermaga utama, tapi karena ombaknya cukup besar kamu dilarang snorkeling hingga ke tengah. Nah, tertarik mengunjungi Derawan? Beberapa pulau berikut ini bisa kamu kunjungi lho :

1. Pulau Nabucco


Pulau Nabucco (Image : travelmato.com)
Pulau Nabucco atau bisa dikatakan sebagai pulau resort karena di pulau ini terdapat banyak resort yang disewakan. Untuk masuk ke dermaga dan sekedar berfoto kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000/orang. Atau kamu bisa mengunjungi Pulau Gosong yang gratis dan dapat bermain di hamparan pasir putih yang luas serta air laut yang jernih. Saat air pasang kamu tidak akan menemukan Pulau Gosong, karena pulau ini akan tertutup air laut.

2. Pulau Maratua


Pulau Maratua (Image : hello-pet.com)
Sekitar 15 – 20 menit dari Pulau Nabucco kamu akan sampai di Pulau Maratua. Pulau ini juga bisa menjadi pilihan untuk mencari penginapan mulai dari harga murah hingga penginapan berkelas internasional. Pulau Maratua pernah di sebut sebagai saingan dari RajaAmpat karena memiliki keindahan alam seperti terumbu karang, hutan mangrove, padang lamun dan berbagai jenis spesies ikan. Kamu juga bisa menikmati aktifitas pantainya seperti berjemur, berenang, karena ombak di sini cukup tenang aktifitas snorkeling dan diving juga bisa kamu lakukan.

3. Pulau Kakaban


Pulau Kakaban (Image : kakaban.co.id)
Pulau Kakaban terkenal karena memiliki danau air payau yaitu Danau Kakaban dan di huni oleh ubur-ubur yang tidak menyengat. Di danau ini kamu bisa snorkeling bersama ubur-ubur yang ada. Perlu diingat, saat berada di dalam danau ini kamu dilarang menggunakan kosmetik apapun termasuk sunblock karena ubur-ubur di sini sangat rentan dengan bahan kimia. Selain itu kamu juga dilarang menggunakan fin dan melompat karena akan merusak ubur-ubur di danau ini. Selain Danau Kakaban, kamu bisa snorkeling di Kakaban Reef untuk menikmati terumbu karang yang masih terjaga. Jika kamu beruntung, kamu akan bertemu dengan sekelompok lumba-lumba dan serasa di antar saat menuju pulau ini.

4. Pulau Sangalaki


Pulau Sangalaki (Image : kakaban.co.id)
Selain keindahan pantai dan kehidupan bawah lautnya yang menawan, Pulau Sangalaki memiliki daya tarik yang jarang di miliki oleh pulau lainnya. Di pulau ini kamu bisa dengan mudah menemukan penyu hijau dan penyu sisik, karena Pulau Sangalaki merupakan tempat bertelurnya bagi para penyu hijau dan penyu sisik yang hampir punah. Tidak hanya itu saja, banyak wisatawan yang rela datang ke Pulau Sangalaki hanya untuk menyelam dan melihat hewan unik yaitu Pari Manta.

5. Pulau Gusung Sanggalau


Pulau Gusung Sanggalau (Image : jurnaland.blogspot.com)
Sekitar 15 menit dari Pulau Derawan kamu sudah bisa menjumpai Pulau Gusung Sanggalau ini. Keberadaan pulau ini tergantung cuaca, jika air laut sedang pasang maka pulau ini tidak akan terlihat karena tenggelam dengan air. Sebaliknya, jika air surut sedang surut kamu bisa melihat pulau ini dan mengunjunginya. Disini kamu bisa berjemur, berenang, dan yang pasti bisa berfoto-foto juga.


Sumber : travelafin.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar