Kamis, 12 Mei 2016

Beda Daerah Beda Tradisi, Ini Keunikan Perayaan Waisak di Beberapa Negara!



Pada tanggal 22 Mei 2016 mendatang adalah hari dimana semua umat Buddha akan merayakan hari raya Waisak. Tidak hanya di Indonesia saja yang merayakan Waisak, beberapa negara lainnya juga merayakan dengan tradisi yang berbeda lho. Berikut tradisi yang dilakukan oleh beberapa negara tersebut:

1. Korea Selatan

Perayaan Waisak di Korea Selatan (Image : wowkeren.com)
Untuk merayakan Waisak, di Korea Selatan biasanya menyalakan lentera-lentera yang berbentuk bunga teratai dengan lampion yang berwarna-warni sehingga menghiasi candi-candi. Hal ini di lakukan untuk mengenang nilai-nilai Buddha. Waisak di Korea Selatan biasa dirayakan di Kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan.

2. Sri Lanka

Perayaan Waisak di Srilanka (Image : wowkeren.com)
Hampir sama dengan umat Buddha di Korea Selatan, umat Buddha di Sri Lanka juga mempersiapkan hari Waisak dengan membuat lentera yang menyerupai lampu-lampu listrik yang berwarna warni. Perayaan Waisak di Sri Lanka biasanya dilakukan di Ibu Kota Sri Lanka yaitu Kolombo.

3. Taiwan

Perayaan Waisak di Taipei (Image : tzuchi.or.id)
Berbeda dengan Korea Selatan dan Sri lanka, di negara Taiwan biasanya umat Buddha di sana merayakan hari besar Waisak dengan menggunakan air wangi. Umat Buddha akan berkumpul di sekeliling sebuah kolam yang dihiasi dengan bunga dan di tengahnya terdapat patung Siddharta kecil. Cukup mengambil air dengan gayung yang sudah disediakan kemudian tuang ke atas patung.  Ritual ini dilakukan untuk mengenang sang pengeran saat dimandikan dengan air dari sembilan naga setelah kelahirannya. Di Taiwan, Perayaan Waisak akan terpusat di di Chiang Kai-shek Memorial Hall Taipei.

4. Singapura

Perayaan Waisak di Singapore (Image : yoursingapore.com)
Berbeda juga perayaan Waisak di negara singa ini, umat Buddha di Singapura melakukan tradisi melepaskan burung dari sangkarnya yang merupakan simbol dari kebebasan. Biasanya burung yang dilepaskan adalah burung liar bukan burung perliharaan agar tetap bisa bertahan hidup di alam liar. Kamu bisa datang ke Vihara Kong Meng San Phor Kark See untuk menyaksikan upacara Waisak di Singapura.

5. Indonesia

Perayaan Waisak di Indonesia (Image : indonesiatravelers.com)
Perayaan Waisak terbesar di Indonesia biasanya dirayakan di kompleks Candi Borobudur. Pada akhir ritual, umat Buddha akan melepas lentera atau lampion ke udara dengan tujuan agar semua harapan akan tercapai. Pelepasan lampion ini tidak hanya dilakukan oleh umat Buddha saja, pengunjung yang datangpun bisa ikut melepaskan lampion ke udara.



Sumber : bintang.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar