Senin, 04 April 2016

Udah Pernah Rasain Liburan ke Pulau Laskar Pelangi?



Pulau yang dijuluki Pulau Laskar Pelangi ini mulai terkenal semenjak munculnya film Laskar Pelangi. Dari film tersebut, keindahan Belitung terekspos dan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan karena pantai-pantainya yang bersih dengan batu-batu besar. Beberapa tempat ini jangan kamu lewatkan saat kamu berada di Belitung :

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi (Image : sumatratour.org)
Kalau kamu menonton film Laskar Pelangi dan melihat pantai yang indah, di Pantai Tanjung Tinggi lah tempatnya. Pantai ini terkenal karena memiliki pasir putih, air laut yang jernih, dan batu granit besar-besar yang menjadi ciri khas pantai ini. Tidak perlu takut terbawa ombak kalau ingin berenang di sana, karena ombak di sana relatif tenang kok. Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk menjajal seafood di warung-warung yang berada di tepi pantai.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang (Image : mulaitahu.com)
Pantai kedua yang terkenal di Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang. Di pantai ini terdapat Batu Kalayang yang menjadi maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Terdapat dua lokasi yang bisa kamu kunjungi yaitu bagian barat dengan gugusan batu granit besar dan bagian timur dengan hamparan pasir putih yang cantik. Selain itu, kamu juga bisa berenang, menyelam, berjemur, mamancing, dan melakukan aktifitas lainnya di sini.

3. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas (Image : pesonacakrawala.com)
Selain memiliki pasir putih dan air yang jernih, Pulau Lengkuas juga memiliki daya tarik lain yaitu adanya Mercusuar di tengah-tengah pulau yang sudah ada sejak tahun 1882. Kamu juga bisa masuk ke dalam mercusuar dan naik ke puncaknya untuk menikmati pemandangan indahnya pantai-pantai yang ada di Belitung. Di butuhkan waktu 30 menit untuk menyebrang dari Pulau Belitung menuju Pulau Lengkuas.

4. Pulau Pasir

Pulau Pasir (Image : belitungcakrawala.com)
Pulau pasir adalah tumpukan daratan yang berpasir, luasnya hanya setengah dari lapangan bola. Kamu tidak akan menemukan pulau ini jika kamu berkunjung saat air laut pasang, karena seluruh pulau ini akan tenggelam di bawah air laut. Untuk menuju pulau ini bisa dengan menggunakan perahu nelayan.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin (Image : gosumatra.com)
Ternyata Belitung tidak hanya memiliki pantai yang indah, tapi juga memiliki danau yang cantik bernama Danau Kaolin. Dinamakan kaolin karena dulunya merupakan wilayah pertambangan kaolin. Akibat dari aktifitas ini adalah adanya lubang-lubang besar yang berisi air berwarna biru dan kaolin berwarna putih yang menjadi keunikan danau ini. Walaupun sebenarnya bukan tempat wisata, tapi banyak juga lho fotografer atau wisatawan yang datang ke sini untuk melihat keindahan Danau Kaolin.

6. Museum Kata

Museum Kata (Image : gerak-an.com)
Museum literatur pertama di Indonesia adalah Museum Kata yang didirikan oleh Andrea Hirata yang juga penulis film laskar pelangi. Koleksi museum ini mulai dari tentang film laskar pelangi, foto, cerpen, kata-kata, dan banyak lainnya. Kamu juga bisa membaca cerpen-cerpen yang tidak diterbitkan umum lho. Warna-warna cat pada jendela dan pintu menjadi keunikan tempat ini.


Sumber : anekatempatwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar