Senin, 18 April 2016

Uniknya Nama Jajanan Pasar di Yogyakarta!



Agak sulit untuk mencari jajanan pasar di tengah perkotaan seperti Jakarta. Tapi kalau kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta jangan lewatkan untuk mencicipi jajanan pasar yang memiliki nama yang mungkin akan buat kamu tertawa dengan rasa yang tidak kalah enak dengan jajanan kota. Penasaran? Berikut nama-nama jajanan dari Yogyakarta bisa bikin kamu ketagihan :

1. Cenil, jajanan yang memiliki tekstur lengket dan kenyal

Cenil (Image : liburmulu.com)
Cenil yang berasal dari Yogyakarta ini terbuat dari sari pati singkong atau ketela pohon. Karena bentuknya yang lonjong, bulat dan berwarna warni, cemilan ini menjadi paling mencolok diantara cemilan lainnya. Cenil lebih enak disajikan dengan taburan kelapa parut dan sedikit gula putih, dijamin bakalan kangen sama jajanan yang gampang kamu temui di Pasar Beringharjo ini.

2. Klepon, rasakan sensasi manis nan legit

Klepon (Image : jogjaempatroda.blogspot.com)
Walaupun jajanan ini tidak hanya berada di Yogyakarta, tapi sensasi rasa gulanya berbeda dengan klepon yang berada di kota lain. Klepon Yogyakarta terbuat dari gula jawa asli, tepung beras ketan yang dicampur pewarna alami dari daun suji atau daun pandan. Bisa dikatakan jajanan pasar ini jauh dari kata bahaya, karena semua bahannya alami!

3. Tiwul, yang dulunya menjadi makanan pokok masyarakat Gunung Kidul, Wonogiri, dan Pacitan

Tiwul (Image : kartudiskonjogja.com)
Jajanan legendaris ini sekarang banyak dijual di media sosial dengan beragam inovasi agar menjadi jajanan yang bergengsi. Tapi, cobalah kamu datang ke Yogyakarta dan cicipi tiwul khas Gunung Kidul. Rasanya pasti beda dan tentunya lebih enak.

4. Kipo, Jajanan khas Kotagede Yogyakarta

Kipo (Image : pariwisata.jogjakota.go.id)
Kipo adalah cemilan yang terbuat dari ketan, gula, garam, santan, dan pewarna yang berasal dari daun suji/pandan. Kepo ya rasanya gimana? Datang saja ke wilayah Kotagede dan sekitaran Yogyakarta.

5. Jadah Manten, agar hubunganmu awet dan lengket

Jadah Manten (Image : yogyes.com)
Jajanan yang satu ini sering digunakan sebagai seserahan mempelai pria saat datang kerumah mempelai wanita. Konon, agar pernikahannya bisa seperti jadah manten yang lengket dan awet. Bahan dasar jajanan ini adalah beras ketan, santan, dan pandan. Jangan lupa cicipi jajanan ini agar hubunganmu bisa seperti jadah manten yang awet dan lengket.

6. Krasikan, jangan lihat rupanya.

Krasikan (Image : masakandapurku.com)
Keunikan dari jajanan yang satu ini adalah teksturnya yang kasar berbanding terbalik dengan rasanya yang manis nan legit. Teksturnya yang kasar berasal dari tumbukkan beras ketan dan kelapa parut yang disangrai dan rasa manis nan legit berasal dari santan, gula jawa yang menyatu dengan adonan. Enyaak!

7. Gatot, jajanan khas Kunung Kidul selain Tiwul

Gatot (Image : tentik.com)
Jajanan ini hampir sama dengan tiwul, sama-sama terbuat dari singkong namun bedanya gatot tidak perlu ditumbuk seperti tiwul dan dicampur gula merah. Hanya perlu digaplek (dikeringkan), dijemur hingga berubah warna kehitaman. Jajanan ini bisa mengatasi penyakit maag dan perut keroncongan lho.

8. Sawut, parutan ketela dengan taburan parutan kelapa

Sawut (Image : santapjogja.com)
Sawut merupakan jajanan pasar yang berbahan dasar singkong yang diparut, kemudian dicampur dengan gula jawa, dan dikukus. Biasanya sawut disajikan dengan parutan kelapa diatasnya. Rasanya? Coba saja sendiri.

9. Clorot, jajanan yang berbentuk terompet


Clorot (Image : telusurindonesia.com)
Kalau dilihat dari bentuknya, jajanan yang satu ini bentuknya seperti terompet. Clorot ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan, yang kemudian dibalut dengan janur hingga membentuk seperti terompet. Dengan rasa yang manis dan gurih tentunya kamu akan suka camilan khas Yogyakarta ini.


Sumber : hipwee.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar