Senin, 04 April 2016

Mau Liburanmu Tetap Seru di Belitung? Berikut Tipsnya!



Semenjak keindahan pulau Belitung terekspos, pulau ini ramai di kunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan domestik yang datang rombongan. Agar liburanmu tetap lancar sesuai rencana, kamu bisa ikuti tips berikut ini:

1. Akses

Cara terbaik untuk menuju Belitung adalah dengan jalur udara menuju Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Kamu bisa pilih penerbangan pagi hari agar waktu untuk eksplore Belitung lebih lama. Sebaiknya kamu pesan tiket jauh-jauh hari ya, karena selain tiket yang mahal mendekati hari h jumlah kursi penerbangan juga terbatas lho. Jangan sampai kehabisan tiket.

2. Transportasi Darat

Kalau waktumu terbatas saat di Belitung, ada baiknya kamu sewa mobil atau motor untuk mengelilingi belitung. Biaya sewa mobil plus sopir sekitar Rp 350.000/hari belum termasuk bensin. Sedangkan sewa motor dan bawa sendiri sekitar Rp 60.000/hari

3. Keliling Pulau

Untuk mengelilingi pulau-pulau kecil yang ada di Belitung, kamu bisa pergi ke Pantai Kalayang. Di sana banyak kapal motor yang disewakan untuk wisatawan. Saat mengelilingi pulau, ada baiknya kamu mengajak pemandu wisata. Karena pemandu wisata bisa menjelaskan banyak hal tentang pulau-pulau yang ada dan bisa mengatur perjalananmu dengan baik seperti waktu untuk snorkeling. Tarif sewa kapal motor tergantung banyaknya penumpang, makin banyak penumpang yang naik makin murah biayanya. Tarifnya Rp 350.000 untuk maksimal 10 orang penumpang dalam satu kapal motor.

4. Akomodasi

Ada banyak jenis penginapan di sini, mulai dari hotel berbintang hingga kelas melati. Untuk backpacker, kamu bisa cari hotel di Kota Tanjung Pandan dengan kisaran harga Rp 100.000 – Rp 300.000. Bahkan ada juga penginapan dengan harga di bawah Rp 100.000 lho. Tapi sebaiknya kamu menginap di tempat yang sudah di rekomendasikan.

5. Perbekalan

Karena di beberapa area agak susah mencari warung-warung yang menjual minuman dan makanan kecil, sebaiknya membawa makanan dan minuman secukupnya untuk perjalanan selama mengelilingi pulau. Bawa juga obat pribadi dan tabir surya dengan SPF tinggi agar kulitmu tidak menghitam atau terbakar, karena matahari di sini cukup terik.

6. Waktu Terbaik

Bulan April dan Juni adalah waktu terbaik untuk berlibur ke Belitung, karena pada bulan tersebut cuaca sangat baik seperti ombak yang tenang dan langit yang biru cerah. Bulan Februari dan Maret juga menjadi waktu kunjungan baik karena ombak tidak terlalu tinggi. Bukan berarti kamu tidak bisa mengunjungi Belitung di akhir tahun, saat akhir tahun Belitung menawarkan atraksi wisata seperti budaya dan napak tilas “Laskar Pelangi” yang bisa kamu nikmati tanpa khawatir ombak tinggi.


Sumber : Kompas Travel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar