Senin, 07 Maret 2016

Liburan pas Nyepi di Bali? Ini tips & triknya!

Image : antara


Walaupun hanya di kamar saat Nyepi, tapi kamu masih bisa melakukan aktifitas kok. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan saat Nyepi.

1. Jangan pilih penerbangan H-1 Nyepi

Kalau kamu ingin berlibur di Bali saat Nyepi, sebaiknya pilih penerbangan H-2 dan jangan pilih jadwal kedatangan di Bandara Ngurah Rai diatas jam 19.00 WITA. Karena di pastikan setiap jalan akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh. Kalaupun kamu naik taksi, supir taksi hanya akan mengantarkan sampai jarak terdekat. Selanjutnya kamu jalan kaki sampai penginapan. Penerbangan di bandara Ngurah Rai dibuka kembali setelah H+1.

2. Isi waktu dengan kegiatan di hotel dan jangan gaduh

Saat siang hingga sore hari kamu masih bisa berenang di hotel, setelah itu bersantai di kamar dengan membaca buku, bermain game di smartphone menonton DVD di laptop atau TV. Tapi kamu hanya bisa menonton siaran asing saja, karena siaran TV lokal pun ditiadakan termasuk Radio. Saat berada di kamarpun kamu di larang membuat kegaduhan ya, tidak mau kan kamar mu di ketok oleh pecalang yang akan memberikan peringatan.

3. Sedia makanan ringan, minuman, dan uang tunai

Sebaiknya sehari sebelum Nyepi, kamu membeli makanan ringan dan minuman di minimarket terdekat sebelum pukul 22.00 WITA. Karena jika lewat dari pukul 22.00 WITA semua minimarket akan tutup. Jangan sampai kamu kelaparan di kamar. Tidak hanya minimarket yang tutup, ternyata mesin ATM juga akan dimatikan pada pukul 18.00 WITA, jadi siapkan juga uang tunai secukupnya selama Nyepi.

4. Pelayanan hotel selama Nyepi

Karena selama Nyepi kamu tidak boleh keluar dari hotel, tidak ada salahnya kamu tanya pada pihak hotel tentang pelayanan selama Nyepi. Kamu bisa tanya mengenai makan siang dan makan malam di restoran, karena biasanya saat Nyepi hotel hanya melayani tamu hingga pukul 18.00 WITA saja.

5. Kurangi cahaya lampu kamar saat malam hari dan coba kelilingi area hotel

Ketika malam tiba, buatlah lampu kamarmu redup. Jangan nyalakan semua lampu yang ada, kecuali tirai dikamarmu cukup tebal untuk menutupi area jendela, sehingga cahaya lampu tidak terlihat dari luar. Saat gelap gulita seperti ini, coba kamu nikmati suasana Bali yang biasanya di terangi dengan kerlap kerlip lampu tapi saat Nyepi hanya di terangi dengan sinar bulan dan bintang yang cerah. Keren!


Sumber : Detik Travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar