Senin, 28 Maret 2016

Begini Cara Mendapatkan Harga yang Murah di Pasar Beringharjo!



Saat kamu berada di Yogyakarta jangan lewatkan Pasar Beringharjo sebagai tempat berbelanja oleh-oleh. Karena di sana banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa seperti baju sampai hasil kerajinan tangan warga Yogyakarta. Sebelum kamu berbelanja di Pasar Beringharjo, ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar mendapat harga yang lebih rendah dari yang ditawarkan oleh penjual. Berikut tipsnya :

1. Punya Gambaran Budget Sebelumnya


Agar pengeluaranmu tidak membengkak saat berbelanja oleh-oleh, ada baiknya kamu siapkan budget-nya terlebih dahulu dan estimasi kepada siapa saja oleh-oleh yang akan kamu berikan. Lebih baik lagi kalau kamu tahu harga sebelumnya, dengan cara bertanya kepada saudara atau teman yang pernah berbelanja di Pasar Beringharjo. Hal ini tentunya bisa meminimalisirkan lapar mata saat belanja nanti.


2. Tahu Harga Pertama


Jadikan harga pertama yang kamu temui sebagai patokan harga untuk bisa menawar harga lebih rendah lagi. Karena penjual di pasar ini bersaing dalam hal harga, kamu bisa menawar separuh harga dari harga yang telah disebutkan oleh penjual. Kalau kamu berbelanja dengan jumlah banyak maka harga yang ditawarkan juga akan semakin rendah.


3. Nawar Harga Rendah atau Nawar Harga Kejam?


Kalau kamu sudah suka pada suatu barang, harga terbaik bukan berarti harga yang murah tapi yang cocok untuk kamu. Saat menawar barang yang kamu incar, kamu bisa pakai trik pura pura tidak tertarik pada barang itu agar penjual memberikan harga yang cocok. Berbeda jika kamu menawar dengan harga rendah dan pura pura agar dipanggil penjual. Tapi jika tidak dipanggil lagi oleh penjual, hal ini berarti kamu menawar harganya terlalu rendah.


4. Kalau Sudah Borong, Jangan Sungkan Minta Ekstra Bonus


Dengan kamu berbelanja banyak di satu toko, sudah pasti target si penjual tersebut sudah tercapai. Nah, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meminta ekstra bonus. Jika berbelanja di tempat yang penjualnya baik hati, bukan hanya harga murah yang kamu dapatkan, tapi ekstra bonus juga bisa menambah kepuasaan kamu saat berbelanja.


5. Seberapa Pengaruh Menawar Dengan Bahasa Jawa?


Kalau kamu tidak bisa berbahasa Jawa, ajak saja teman yang bisa berbahasa Jawa. Hal ini menguntungkan untukmu lho, karena temanmu bisa jadi duta menawar barang di pasar ini. Tapi, makin lama penjual yang berjualan di pasar ini tidak semua orang jawa lho, ada beberapa penjual yang berasal dari Sumatera. Nah, kalau keceplosan bahasa asli daerahnya dan ternyata kamu bisa sedikit bercakap dengan bahasa si pedagang tersebut, kamu bisa tawar dengan semangat sama-sama perantau. Tidak perlu khawatir dengan berbahasa jawa, menawar dengan bahasa Indonesia tetap bisa kamu lakukan agar bisa mendapat harga yang cocok denganmu.


Selamat berbelanja, dan jangan kalap ya!


Sumber : spotunik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar