Selasa, 15 Maret 2016

Cobain Uniknya Cita Rasa Kuliner di Lampung, Yuk!




Selain menikmati keindahan alam dengan pantai yang jernih, liburan ke Lampung pasti akan selalu kamu ingat jika mencoba aneka rasa kulinernya. Lampung memiliki cita rasa yang identik dengan sajian khas ikan yang memiliki rasa asam, gurih, dan pedas. Penasaran? Coba saja beberapa kuliner berikut ini :

1. Seruit


Seruit (Image : pariwisatalampung.com)

Pernah mendengar makanan bernama seruit? Makanan ini adalah kuliner yang terkenal di Lampung. Dengan berbahan dasar utama ikan yang diolah dengan dibakar atau digoreng. Setelah itu, bahan utama akan disajikan dengan sambal terasi dan juga tempoyak. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan air tawar seperti, ikan belide, ikan baung, dan ikan layis.

2. Tempoyak


Tempoyak (Image : budaya-indonesia.org)

Kalau biasanya kamu makan durian secara langsung tana diolah terlebih dahulu, maka berbeda dengan makanan khas Lampung yang satu ini. Durian akan difermentasikan terlebih dahulu untuk menciptakan rasa yang asam dan biasa disebut dengan tempoyak. Biasanya tempoyak dijadikan lauk yang dicampurkan dengan sambal atau dimasak dengan campuran ayam atau daging. Hmm, pasti lezat ya!

3. Sambal Lampung


Sambal Lampung (Image : bandarlampungku.com)

Sambal lampung berbeda dengan sambal-sambal dari daerah lainnya. Tidak hanya rasa pedas saja, tapi terdapat aroma asam dan manisnya juga. Keunikan ini dikarenakan sambal Lampung dicampurkan dengan cuka. Selain itu, sambal Lampung juga memilki ciri khas dengan potongan cabai besar dan biji cabai merah yang tercampur dalam sambal. Buat kamu yang pecinta sambal, pasti suka sambal yang satu ini.

4. Gabing


Gabing (Image : infolampung.com)

Sebelumnya apakah kamu pernah makan batang kelapa muda? Nah, di Lampung kamu bisa cicipi Gabing yang merupakan olahan batang kelapa muda yang dipotong ukuran sedang dan disayur dengan kuah santan. Rasa dan aroma gurih akan kamu rasakan saat menyantapnya.

5. Kerupuk Kemplang


Kemplang (Image : endonewsia.com)

Salah satu kerupuk khas Sumatera Selatan dan sekitarnya adalah kemplang. Bisa dikatakan kerupuk ini sehat lho, karena kerupuk ini tidak digoreng dengan minyak tetapi kerupuk ini dipanggang sampai matang.

6. Pindang


Pindang Patin (Image : kuliner.ilmci.com)

Perbedaan pindang Lampung dengan pindang di beberapa daerah di Indonesia adalah kalau pindang khas Lampung lebih terasa asam dan gurih seperti rasa Tom Yam dari Thailand. Aroma kuahnyapun lebih harum karena campuran daun kemangi di dalamnya. Kamu juga bisa cicipi beberapa jenis pindang khas Lampung lainnya seperti, bawung pindang nanas, cumi pindang kemangi dan udang pindang.

7. Gulai Taboh


Gulai Taboh (Image : jitunews.com)

Gulai Taboh atau Gulai Santan dari Lampung ini memiliki tekstur sangat kental dan pedas. Gulai ini berisi kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, rebung, kentang, dan lain-lain.

8. Engkak


Engkak (Image : kulinerlampungkita.blogspot.com)

Engkak yang berasal dari Lampung ini berbahan dasar lebih dominan ke telur dan mentega. Cara pembuatan Engkak dengan cara di panggang dan berlapis-lapis. Kalau dilihat dari bentuknya, Engkak mirip dengan Kue lapis Legit.



Sumber : idntimes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar