Selasa, 29 Maret 2016

Intip Tips Mencegah dan Mengatasi Kehilangan Paspor Saat Liburan!



Kehilangan paspor adalah hal yang tidak diinginkan oleh setiap wisatawan. Karena paspor merupakan dokumen resmi yang wajib digunakan saat kamu bepergian ke sebagian besar negara. Agar liburan tetap menyenangkan, kamu bisa ikuti beberapa cara berikut jika paspormu hilang :

1. Fotokopi Paspor


Sebelum kamu pergi liburan, ada baiknya fotokopi paspor dan dokumen-dokumen penting lainnya seperti KTP dan SIM. Simpan salinan dokumen tersebut di tempat yang berbeda dari paspor asli kamu.


2. Kumpulkan Data Pribadi


Selain fotokopi dokumen penting, sebelum pergi kamu bisa kumpulkan data pribadi yang dapat membantu untuk mengurus paspor pengganti jika hilang di negara tempat kamu berlibur. Data yang bisa kamu kumpulkan seperti pas foto dan bukti kewarganegaraan lain.


3. Simpan Nomor Telepon dan Alamat Kedutaan Besar


Untuk memudahkan proses pengurusan paspor baru, cari tahu nomor telepon dan alamat kedutaan besar di negara yang akan kamu kunjungi. Setelah dapat alamat dan nomor teleponnya, jangan lupa disimpan ya.


4. Periksa Tempat yang Pernah di Lewati


Kalau paspormu hilang karena lupa di mana terakhir menyimpan, tetaplah bersikap tenang dan jangan panik. Kosongkan tasmu dan periksa dengan teliti secara perlahan. Bisa saja paspormu terselip dalam buku atau amplop. Jika di tas tidak ditemukan, kamu bisa mengingat tempat terakhir sebelum kamu pergi seperti di kamar, meja, atau terjatuh di lantai.



Sumber : airport


Tidak ada komentar:

Posting Komentar