Kamis, 30 Maret 2017

Kota Bogor Juga Punya Vihara Hingga Pusat Budaya Yang Bisa Jadi Destinasi Liburan Berbeda




Selain memiliki udara sejuk, kota Bogor juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu eksplor ragam wisatanya. Seperti wisata berikut ini yang bisa menambah pengetahuanmu tentang tempat ibadah dan budaya yang ada di Bogor :

1. Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat


Pho Sat (images : kompasiana.com)
Kota yang terkenal dengan sebutan kota hujan ini ternyata memiliki tempat wisata yang mirip tempat wisata di Thailand yaitu Vihara Buddha Dharma & Pho Sat atau lebih dikenal dengan patung Buddha yang berbaring. Patung ini memiliki panjang 18 meter dan tinggi 3 meter yang menjadi Patung Buddha tidur terbesar di Indonesia. Karena tempat beribadah, jadi gunakan pakaian yang sopan ya saat mengunjungi tempat ini.
Lokasi : Kampung Jati RT 02 RW 06, Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor

2. Kampung Budaya Sindang Barang


Kampung Sindang Barang (image : phinemo)
Tempat yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat budaya Sunda. Karena sesampainya di sini, kamu akan disambut dengan sekelompok orang yang berpakaian hitam dengan iringan angklung gubrak. Kamu juga akan melihat hamparan perkarangan hijau yang cukup luas. Di sana kamu bisa menemukan Saung Lisung untuk melihat berbagai alat yang digunakan masyarakat lokal untuk menumbuk padi, Imah Gede sebagai rumah kepala adat di kampung ini, dan Saung Talu sebagai tempat latihan kesenian Sunda mulai dari tari hingga alat musik tradisionalnya.
Lokasi : Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

3. Kerajinan Wayang Golek “Sanggar Tumaritis”


Wayang Golek (image : travel detik)
Gak cuma tahu hasil jadinya aja, di Sanggar Tumaritis kamu bisa tahu proses pembuatan wayang golek dari tahap awal hingga akhir. Yang bikin seru, kamu bisa buat wayang golek sesuai dengan wajahmu lho. Dengan Kayu Astonia, proses pembuatan wayang ini membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Selain sudah terkenal di Indonesia, wayang golek juga terkenal sampai luar negeri seperti Eropa. Jika kamu hanya melihat-lihat, kamu akan dikenakan biaya sumbangan sebesar Rp 500.000. sedangkan jika kamu ingin membeli kerajinan wayang golek kamu tidak dikenakan biaya sumbangan. Harga wayang di sana berkisar Rp 350.000 – Rp 850.000. Sebelum berkunjung, sebaiknya hubungi Pak Dase sebagai ketua sanggar ini melalui nomoe telepon 0813 8303 9282.
Lokasi : Kawasan Lebak Kantin RT 02 RW 06, Bogor.

Sumber : jurnal.maskoolin.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar