Kamis, 30 Maret 2017

Cobain Yuk, Kuliner Halal Tersohor Di Manado Yang Rasanya Nikmat Banget!



Keindahan alam Manado memang tidak diragukan lagi, terutama keindahan taman bawah laut Bunaken yang sudah terkenal hingga mancanegara. Setelah menikmati keindahan alam Manado, tidak afdol kalau kamu belum mencicipi kuliner khasnya. Karena Manado juga memiliki kuliner khas tersohor yang bisa kamu coba. Tidak perlu khawatir, karena menu berikut ini adalah kuliner halal yang bisa kamu nikmati :

1. Tinutuan


Tinutuan Bubur Manado (image : wikipedia)
Siapa yang tidak kenal dengan tinutan atau makanan yang sering di sebut bubur Manado. Menu kuliner ini dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Tidak hanya warga sekitar, hotel berbintang juga menyajikan menu ini untuk breakfast. Kamu bisa datang ke lokasi kuliner Manado yang berada di kawasan Wakeke, di sana banyak terdapat rumah makan sederhana hingga mewah yang menyediakan tinutan.

2. Cakalang Fufu & Woku Blanga


Cakalang Fufu (image : travelkompas)
Salah satu makanan khas Kota Manado adalah ikan cakalang atau tongkol putih yang diasapi (fufu). Warga sekitar biasa mengolah ikan ini saat masih segar dan diolah menjadi cakalang fufu saus dan cakalang fufu santan. Menu ini juga banyak kamu temukan di warung tradisional yang cocok disantap saat masih panas. Kalau kurang puas makan satu porsi, kamu bisa datang ke Jembatan Satrio untuk membeli cakalang fufu yang siap di-packing untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Menu ikan lainnya yang bisa kamu coba adalah woku belanga. Jenis ikan seperti ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk kepiting dan udang diolah dengan campuran bumbu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi dan bumbu lainnya dimasak di dalam belanga hingga wangi, terasa pedas dan segar.


3. Klapertart


Klapertart (images : bisikan.com)
Klapertart adalah menu yang diwariskan orang Belanda sewaktu bercokol di Manado. Sajian penutup ini terkenal dengan rasanya yang lezat dan gurih karena terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung, susu, telur dan mentega. Setelah diolah, biasanya klapertaart langsung dimasukkan ke dalam kulkas dan disantap saat masih dingin. Saat ini pilihan rasa klapertaart makin bervariasi seperti tambahan rasa keju, durian dan coklat. Jangan lupa beli untuk oleh-oleh orang rumah ya.

Sumber : travel kompas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar