Senin, 06 Maret 2017

Ini Makanan Favorit Orang Jepang Saat Memasuki Musim Panas!




Jepang memiliki banyak kebiasaan unik yang sering mereka lakukan, salah satunya bisa dilihat dari makanan yang biasa mereka makan. Orang Jepang biasa menyesuaikan jenis makanan dengan musim yang sedang berlangsung. Seperti saat musim dingin, makanan yang biasa disajikan adalah makanan berkuah yang bisa menghangatkan tubuh dari dinginnya cuaca. Sedangkan saat musim panas, mereka memilih makanan segar yang cocok untuk musim panas. Seperti makanan berikut ini yang biasa disajikan di Jepang saat musim panas :

1. Semangka


semangka (images : j-cul.com)
Semangka termasuk buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Karena hal inilah semangka menjadi salah satu buah yang identik dengan musim panas. Untuk memeriahkan musim ini, biasanya warga Jepang juga memanfaatkan semangka dalam sebuah permainan. Cara bermainnya, peserta yang ditutup matanya harus berhasil membelah semangka menggunakan tongkat dengan bantuan teriakan orang-orang yang menunjukkan arah semangka tersebut. Permainan ini biasa dilakukan di pinggir pantai. Selain berbentuk bulat, Jepang memproduksi semangka dengan berbagai bentuk seperti kotak dan hati. Harganya juga bervariasi semangka dengan bentuk bulat berkisar 1000 – 2000 yen/buah, sedangkan dengan bentuk unik berkisar 10.000 yen atau sekitar 1,2 juta rupiah/buahnya.

2. Kakigori, Es Serut Yang Segar


kakigori (images : gate-jp.com)
Sama seperti es serut di Indonesia, Kakigori disajikan dengan banyak varian rasa seperti stroberi, lemon, melon, matcha dan rasa segar lainnya. Untuk menambah kenikmatan menu yang satu ini, biasanya ditambahkan dengan topping pasta kacang merah dan mochi. Untuk rasa tidak perlu ditanya lagi, pasti segar disantap saat panas di Jepang.

3. Somen, Mie Jepang Berwarna Putih Dan Tipis


Somen
Makanan berikutnya yang biasa disajikan saat musim panas di Jepang adalah somen. Somen adalah mie Jepang yang berwarna putih dan tipis. Mie ini dihidangkan dengan keadaan dingin dengan saus atau tsuyu yang bercita rasa ringan.

4. Belut Panggang (Unagi)


Belut Unagi Jepang (images : detikTravel)
Sebenarnya belut salah satu makanan yang cocok dimakan di segala musim. Tapi, belut dipercaya oleh orang Jepang bisa menambah stamina untuk menghadapi musim panas di Jepang yang panas dan lembab. Biasanya warga Jepang memanggang belut agar kadar kolesterolnya berkurang.

5. Hiyashi Chuka, Sajian Mie Dingin di Jepang


Hiyashi Chuka (images : wartakota.tribunnews.com)
Hiyashi Chuka termasuk makanan jenis ramen yang disajikan dalam keadaan dingin. Mie ini juga hanya dijual dan disajikan saat musim panas di Jepang saja. Bukan mienya saja yang dingin, topping dari mie ini juga disajikan dengan keadaan dingin seperti telur, wortel, ketimun, ayam, ham dan lainnya. Tambahan saus tare akan menambah kenikmatan dari mie ini.

6. Ramune


Ramune (images : japantourlist.com)
Selain makanan, Jepang juga memiliki minuman yang cocok saat musim panas tiba yaitu Ramune. Ramune adalah minuman soft drink berkarbonasi. Minuman ini memiliki pilihan rasa yang segar seperti rasa anggur, melon, jeruk, raspberry, hingga rasa-rasa unik seperti rasa wasabi, teriyaki, takoyaki atau kari.

Sumber : japantourlist.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar