Senin, 20 Maret 2017

Gak Cuma Pantai, Bali Punya Segudang Keunikan Yang Layak Dicoba




Selain terkenal dengan daya tarik wisata yang beragam, Bali juga memiliki hal unik lainnya yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Mulai dari wisata alamnya hingga kebiasaan unik masyarakat Bali bisa kamu nikmati saat liburan di sana. Biar gak penasaran dengan keunikan yang dimiliki Bali, simak artikel berikut ini :

1. Menyaksikan Festival, Ritual dan Tradisi Unik di Bali

Hal menarik pertama yang bisa kamu saksikan adalah Festival Ciuman Massal di Banjar Kaja Sesetan, Denpasar yang dilaksanakan satu hari setelah perayaan Nyepi. Kemudian ada juga ritual pembakaran mayat yang lebih dikenal dengan Ngaben. Dalam ritual ini mayat akan diarak dengan iringan nyanyian dan musik tradisional Bali. Ada juga tradisi unik warga Desa Trunyan di Kintamani yaitu tempat pemakaman yang tidak mengubur atau membakar mayatnya, tetapi mayat hanya diletakkan di atas tanah yang dikelilingi pohon taru menyan. Uniknya lagi mayat tersebut tidak mengeluarkan bau karena konon harumnya pohon taru menyanlah yang menetralisir bau dari mayat di sana.

2. Melihat Upacara Keagamaan Hindu

Di Bali kamu bisa melihat upacara keagamaan Hindu yang hampir diadakan setiap hari. Saat perjalanan menuju tempat wisata di Bali jangan heran kalau kamu bertemu dengan sekelompok wanita berkebaya dengan sesajen di atas kepalanya yang berisi kue dan buah-buahan yang akan menuju tempat sembahyang. Dengan mudahnya kamu juga akan menemukan canang (sesajen) yang berada di depan rumah, patung dan pura.

3. Bertemu Langsung Dengan Lumba-lumba, Mola-mola dan Anjing Khas Kintamani

Di Bali kamu bisa bertemu langsung dengan Lumba-lumba, Mola-mola dan Anjing Khas Kintamani. Kamu bisa bertemu dengan lucunya tingkah lumba-lumba yang muncul ke permukaan di Pantai Lovina pada pagi hari dari jam 16.00 – 07.30 WITA. Atau kamu ingin bertemu dengan hewan laut yang ukurannya cukup besar seperti sunfish yang lebih dikenal dengan nama mola-mola. Datanglah pada bulan Agustus – Oktober ke Crystal Bay, spot diving terkenal di Nusa Penida. Jangan takut dengan ukurannya yang besar, karena mola-mola sangat friendly dengan siapapun. Satu lagi hewan khas di Bali yang bisa kamu kunjungi yaitu anjing Kintamani. Anjing ras yang berasal dari Kintamani ini telah diakui dunia lho. Bulunya yang lebat berfungsi untuk beradaptasi dengan cuaca dingin di Kintamani, kalau dilihat sekilas, anjing ini mirip anjing yang berada di film Hachiko.

4. Nama Panggilan Yang Sama

Jika kamu memiliki teman di Bali dengan nama Made, Wayan, Nyoman atau Ketut jangan memanggilnya di depan umum dengan sebutan itu saja, bisa-bisa banyak orang yang menengok ke arahmu karena hampir semua orang Bali memiliki nama tersebut. Oleh sebab itu, kamu bisa memanggilnya dengan tambahan nama berikutnya. For your information, nama dan panggilan ini untuk mengetahui struktur keluarga seperti Wayan sebagai anak pertama, Made sebagai anak kedua, Nyoman sebagai anak ketiga dan Ketut panggilan untuk anak terakhir atau bontot.

Sumber : liburanbali.net
Image : Travel Detik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar