Rabu, 16 November 2016

Wangi Kuah Kari dan Lezatnya Hidangan Dessert di Penang Ini Pasti Bikin Nagih Terus!


Penang tidak hanya terkenal dengan arsitektur bangunan tuanya yang menawan tapi kota ini juga memiliki kelezatan kuliner yang wajib kamu coba. Mulai dari makanan dengan kuah kari hingga hidangan penutup mulut yang tentunya membuatmu ketagihan. Berikut kuliner khas Penang yang paling populer :

1. Char Koay Teow


Char Kuey Teow (image : roastlambmalaysia.com)
Char Koay Teow biasa disebut dengan kwetiaw goreng yang banyak ditemukan di Jakarta. Char Koay Teow khas kota Penang ini tentunya memiliki rasa yang berbeda. Perbedaannya adalah kwetiaw yang digoreng dengan kuali panas dicampur dengan minyak, udang, telur, tumisan bawang putih, toge, kerang, dan bumbu khas hingga aromanya memiliki keunikan tersendiri. Selain itu beberapa penjual juga menambahkan irisan daging babi, jadi sebelum memesan sebaiknya kamu bertanya pada penjual untuk halal atau tidaknya kuliner ini.


2. Chee Cheong Fun


Chee Cheong Fun (image : aromacookery.com)

Chee Cheong Fun adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk panjang dan dipotong tipis serta disajikan dengan campuran beberapa saos seperti saos cabe, saos udang (atau biasa disebut hae ko), saos manis dan ditaburi oleh biji wijen. Kuliner ini memiliki banyak penggemar karena adanya saos hitam yang terbuat dari udang sehingga memberikan rasa yang khas tanpa meninggalkan rasa amis. Saos udang ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh lho.

3. Nasi Kandar


Nasi Kandar (image : penang.ws)
Makanan khas Penang berikutnya adalah Nasi Kandar yang merupakan kreasi dari masyarakat India muslim yang tinggal di Penang. Nasi yang dicampur kuah kari, daging, sayur dan lauk ini tentunya memiliki cita rasa yang lezat. Menu nasi ini berbeda dari menu nasi lainnya karena adanya campuran kari. Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba kuliner ini, pesan saja kari campur yang merupakan kombinasi dari semua kari yang mereka jual dan rasakan cita rasa yang berbeda.

Sumber : objekwisata.com
Image : rasamalaysia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar