Rabu, 07 September 2016

Jangan Panik Saat Hipotermia, Atasi Dengan Cara Ini!


Saat kamu mengunjungi daerah bersuhu rendah seperti saat mendaki gunung, hipotermia bisa saja di alami oleh siapapun dan dapat mengancam nyawa. Tetapi hal ini bisa diselamatkan jika ditangani dengan cepat dan tepat. Kamu bisa lakukan beberapa hal ini untuk penanganan pada seseorang yang terkena hipotermia saat mendaki gunung.

1. Cepat Ganti Pakaian Basah Basah Dengan Pakaian Kering

Salah satu penyebeb hipotermia adalah menggunakan baju yang basah. Segeralah ganti pakaian penderita hipotermia yang basah dengan pakaian yang kering dan hangat. Perlu kamu ketahui, saat mengganti pakaiannya kamu harus perlahan karena penderita hipotermia rentan dengan guncangan.

2. Beri Minuman Hangat

Selesai ganti pakaian, berikan minuman hangat seperti teh atau cokelat hangat. Hal ini membantu untuk meningkatkan suhu tubuh penderita hipotermia.

3. Berikan Makanan Yang Berkalori Tinggi

Selain minuman hangat, kamu bisa memberikan makanan yang tinggi kalori pada penderita hipotermia seperti cokelat, sup hangat, dan makanan manis lainnya untuk menyeimbangkan suhu tubuh.

4. Olahraga Kecil

Jika kondisi si penderita sudah membaik, kamu bisa ajak untuk berolahraga ringan. Hal ini di lakukan agar suhu tubuhnya semakin meningkat. Tapi jangan sampai kelelahan dan berkeringat ya, cukup buat agar ia bergerak.

5. Nyalakan Api Unggun

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan api unggun di sekitar tenda agar kondisi si penderita semakin membaik. Selain untuk menghangatkan penderita hipotermia, api unggun juga bisa menghangatkan suhu tubuhmu dan pendaki lainnya.

Sumber : trevelsia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar