Selasa, 13 September 2016

Selain Udang Cirebon, Ini Kuliner Khas Cirebon Yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan



Karena letaknya berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon memiliki keunikan rasa kuliner yang berbeda dari kota lainnya. Rasa kuliner dari Cirebon mirip makanan sunda, tetapi terasa seperti kuliner di Jawa Tengah, sangat unik. Untuk melengkapi wisata kulinermu selama di Cirebon, jangan pulang sebelum cicipi kuliner berikut ini :

1. Tahu Gejrot


tahu gejrot (image : indonesianfoods313.blogspot.com)
Siapa yang tidak mengenal tahu gejrot, sajian berbahan dasar tahu goreng ini sudah dikenal oleh banyak orang. Dengan racikan dari bawah merah, bawang putih, garam, dan gula merah. Setelah semua bahan tercampur, tahu goreng dimasukkan dan disiram dengan air gula sbagai kuahnya. Kalau kamu pecinta rasa pedas, kamu bisa tambahkan cabe rawit sesuai selera.

2. Nasi Lengko


nasi lengko (image : masakancirebon.blogspot.com)
Menu yang satu ini wajib kamu coba karena perpaduan bahan yang unik yaitu, nasi putih, tahu-tempe goreng, toge, kucai, irisan timun, taburan bawang goreng dan siraman kecap manis dengan bumbu khasnya. Akan lebih nikmat jika disantap hangat-hangat dengan sambal kacang. Untuk pelengkapnya kamu bisa tambahkan sate ayam atau sate kambing yang dijual di tempat tersebut.

3. Nasi Jamblang


nasi jamblang (image : wisatakuliner.com)
Seperti nasi kucing di Yogyakarta atau nasi jinggo di Bali, nasi jamblang memiliki beragam lauk seperti tahu-tempe bacem, perkedel kentang, tahu pedas, telur kecap, telur dadar, dan lain sebagainya. Yang berbeda dari nasi jamblang adalah tumis cumi hitam dan irisan cabe yang dibungkus dengan daun jati. Kamu bisa datang ke warung nasi jamblang yang terkenal di Cirebon yaitu Nasi Jamblang Mang Dul, di sana kamu juga bisa mencicipi makanan khas Cirebon lainnya.

4. Empal Gentong


empal gentong krucuk cirebon (image : empalgentongkrucuk.com)
Rasa dari empal gentong hampir mirip dengan soto tangkar, tetapi kuah santannya tidak merah seperti soto tangkar. Kuahnya berwarna kuning dan lebih mirip gulai. Isi dari empal gentong bisa kamu pilih seperti daging saja atau lengkap dengan jeroannya. Untuk menambah kenikmatan rasanya, empal gentong biasanya dilengkapi dengan bubuk cabai dan potongan kucai yang ditaburi diatasanya. Empal gentong yang terkenal di Cirebon adalah Emapl Gentong mang Darma yang terletak di depan Stasiun Cirebon.

5. Mie Koclok


mie koclok panjunan (image : wisatakuliner.com)
Berbeda dengan mie kocok dari Bandung, mie koclok dari Cirebon ini terbuat dari mie rebus yang dicampur dengan irisan kol, toge, telur rebus iris dan diguyur dengan kuah santan kental. Terakhir ditaburi dengan suwiran daging ayam, daun bawang, kerupuk dan bawang goreng. Lebih enak jika kamu makan mi koclok ini saat masih hangat. Ini menikmati mi yang satu ini kamu perlu bersabar hingga malamn hari, arena biasanya penjual mi koclok datang saat hari mulai gelap.

Sumber : phinemo

1 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    Atau kunjungi website

    Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

    ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

    BalasHapus