Minggu, 25 September 2016

Sebelum Liburan Ke Aceh, Perhatikan Panduan Berikut Ini Ya!



Kota Serambi Mekah atau Aceh terkenal dengan syariat islamnya yang kental. Warga lokal maupun pengunjung wajib menaati peraturan yang telah di tentukan. Tidak perlu cemas dengan aturan yang ada, agar perjalanan wisata di Aceh tetap menyenangkan, perhatikan beberapa peraturan yang ada ini ya :

1. Sesuaikan Cara Berpakaianmu Dengan Budaya Lokal

Jika biasanya kamu menggunakan pakaian yang sedikit terbuka dan ketat, sebaiknya ubah penampilanmu saat liburan di Aceh. Karena hukum syariah yang diterapkan di Aceh mengharuskan setiap wanita terutama wanita muslim mengenakan pakaian yang menutup aurat. Jika kamu non-muslim, cukup gunakan pakaian rapi dan sopan untuk menghormati nilai-nilai syariah di Aceh.

2. Gunakan Rok Saat Berkunjung ke Masjid

Salah satu Masjid yang terkenal di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman yang juga dijadikan sebagai landmark kota ini. Jika kamu ingin mengunjungi masjid ini atau masjid lainnya, disarankan untuk menggunakan rok panjang dan penutup kepala (jilbab) agar kamu tidak ditegur saat tour di Masjid ini.

3. Friday Feels Like Sunday

Hari Jumat di Aceh sama seperti hari Minggu lho. Karena pada pukul 11.00 waktu setempat toko, restoran, dan cafe mulai tutup dan baru dibuka kembali pada pukul 14.00. Selain itu, beberapa tempat wisata juga tutup pada hari Jumat untuk menghormati para laki-laki yang wajib menjalankan ibadah Sholat Jumat. Tetapi kamu tetap bisa berkunjung ke tempat wisata lainnya yang buka di hari Jumat seperti Makam Kerkoff, Museum Tsunami, atau bersantai di Pulau Weh. Kamu tetap bisa menikmati di restoran atau coffee shop jika kamu sudah tiba dan memesan sebelum restoran tersebut tutup.

4. Bawa Buku Nikah

Selama di Aceh kamu dilarang jalan berdua bersama lawan jenis diatas pukul 22.00. Untuk kenyamanan selama di sana, jika kamu sudah menikah sebaiknya bawa buku nikahmu agar tidak ditegur oleh polisi setempat. Tetapi peraturan ini tidak berlaku jika kamu pergi beramai-ramai.

5. Bikini is Wearable in Weh Island

Jika berada di Banda Aceh mengahruskan kamu berpakaian sopan dan tertutup, berbeda jika kamu berada di Pulau Weh. Di pulau ini kamu bisa mengunjungi beberapa panati seperti pantai Iboih, Gapang, Sumur Tiga, dan Anoi Itam yang bisa menggunakan pakaian santai seperti baju renang, celana pendek, summer dress. Setelah berkunjung ke pantai dan ingin city trip ke Sabang, tetap gunakan pakaian rapi dan sopan ya. Terutama berkunjung ke Masjid Raya Sabang yang arsitekturnya tak kalah cantik dengan Masjid Raya Baiturrahman. 

Sumber : mottlecanvas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar