Selasa, 13 September 2016

Mau Ngerasain Liburan di Pantai Pasir Merica? Ke Lombok Aja!



Selain memiliki Gunung Rinjani yang memiliki pesona alam yang menakjubkan, Lombok juga menjadi destinasi favorit yang sering dikunjungi karena memiliki keunikan alam dan budaya yang dimilikinya. Berikut keunikan Pulau Lombok yang bisa kamu temukan :

1. Pantai Pink dan Pantai Pasir Merica


Tanjung Aan (image : lombok.panduanwisata.id)
Pantai Pink kini menjadi destinasi favorit di Pulau Lombok. Keunikan yang bisa kamu lihat adalah pasir pantai yang berwarna pink karena bercampurnya pasir pantai dengan pecahan ganggang merah. Kamu bisa melihat jelas warna pink ini, saat pasir terkena ombak dan matahari sedang tidak terik yaitu saat sunset dan sunrise. Selain pasir pantai yang berwarna pink, Lombok juga memiliki pasir pantai yang berbentuk bulat-bulat seperti salah satu bumbu dapur yaitu merica. Kamu bisa rasakan perbedaan pasir pantai biasa dengan pasir pantai merica di Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Lombok.

2. Rumah Adat Unik Bale Tani


rumah adat dusun sade (image : wisatadilombok.com)
Selain menikmati pantainya yang indah, kamu juga bisa mengunjungi Kampung Adat Sade yang letaknya di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang jaraknya hanya 30 menit dari bandara. Di kampung ini kamu bisa melihat uniknya bangunan rumah masyarakat yang masih mempertahankan arsitektur rumah adat suku sasak Lombok yang disebut Bale Tani. Kamu bisa melihat dinding rumah yang terbuat dari bedek bambu, atap yang terbuat dari ilalang, dan yang paling unik adalah lantai rumah yang dilapisi dengan kotoran sapi. Walaupun dilapisi dengan kotoran sapi, tetapi sama sekali tidak bau lho. Fungsi dari kotoran sapi ini untuk memperkuat tanah agar tidak cepat risak dan menghangatkan ruangan karena masyarakat hanya tidur beralaskan tikar.

3. Gili Yang Bebas Polusi Udara


Gili Island (Image : wisatalombokaja.blogspot.co.id)
Liburan akan terasa lebih nikmat jika jauh dari polusi. Di Lombok terdapat berbagai area di mana kamu bisa menarik nafas sedalam-dalamnya untuk merasakan udara segar bebas polusi udara yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Kesejukan udara di ketiga gili ini dikarenakan masyarakat di sana tidak menggunakan transportasi bermotor. Untuk berjalan-jalan ini di ketiga ini, kamu masih bisa menggunakan sepeda atau kereta kuda yang disewakan.

Sumber : riadora.blogspot.co.id, sasambotour.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar