Kamis, 08 September 2016

Ini Keunikan Kota Padang Yang Bisa Kamu Temukan

Kota Padang memang terkenal dengan rasa kulinernya seperti rendang yang tidak diragukan bahkan hingga ke mancanegara. Selain terkenal dengan rasa kulinernya yang lezat, Kota Padang juga memiliki keunikan yang berbeda dari kota lain yang ada di Indonesia. Mulai dari rumah adat hingga cerita adat yang ada di kota ini memiliki keunikannya masing-masing lho. Berikut adalah keunikan-keunikan dari Kota Padang yang bisa kamu temukan :

1. Tidak Ada Rumah Makan Padang

Jika di kota lain sangat mudah menemukan restoran Padang, berbeda jika kamu berada langsung di Kota Padang. Kamu akan sulit menemukan warung atau restoran dengan nama restoran Padang, masakan Padang, atau rumah makan padang. Yang akan kamu temukan di sini adalah rumah makan sederhana, rumah makan pauh, rumah makan kapau, simpang raya dll tanpa embel-embel masakan padang atau rumah makan Padang yang tentunya menyajikan masakan khas Kota Padang.

2. Arsitektur Rumah Yang Khas

Rumah gadang adalah rumah tradisional adat Minangkabau. Rumah gadang ini memiliki aritektur khas yang terletak pada bentuk puncak atapnya yang meruncing ke atas seperti tanduk kerbau. Karena keunikannya ini rumah gadang menjadi inspirasi bangunan dunia di berbagai dunia, salah satunya adalah The House of The Five Sense yang berada di belanda, rumah ini juga tercatat di Guinness book of records karena atap jeraminya yang luas. Keren!

3. Angkutan Umum Ala Fast Furious

Jangan kaget jika kamu melihat angkutan umum yang ada di Kota Padang dengan bentuk unik dan di modifikasi ala Fast Furious. Keunikan yang bisa kamu rasakan seperti interior angkutan yang mewah dengan sound system, LCD televisi, cat dengan warna terang dan tempelan stiker yang menghiasi bagian luar mobil.

4. Angka Romawi Pada Jam Gadang

Jika kamu perhatikan angka yang terdapat di jam gadang ada yang berbeda dari angka romawi pada umumnya. Jika umumnya angka romawi untuk angka empat adalah IV, uniknya angka romawi yang disimbolkan pada jam gadang yang seharusnya IV menjadi IIII. Angka tersebut ada yang mengartikan, sebagai penunjuk jumlah korban yang menjadi tumbal ketika pembangunan. Ada juga yang mengartikan sebagai empat orang pekerja pembuat bangunan jam gadang yang meninggal setelah jam tersebut selesai. Tapi yang pasti, pembuatan jam gadang tersebut di buat menggunakan bahan semen putih yang dicampur dengan putih telur.

5. Pantai Aie Manih

Masih ingat dengan cerita malin kundang? Nah, di Pantai Aie Manih atau Pantai Air Manis inilah konon katanya malin kundang dikutuk oleh ibunya. Agar tidak penasaran, kamu bisa buktikan dengan melihat batu yang bentuknya seperti orang yang sedang bersujud.

Sumber : harristhomass.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar