Minggu, 31 Juli 2016

Mulai Dari Festival Jazz Hingga Ritual Adat Bisa Kamu Saksikan di Dieng Culture Festival!



Selain keindahan tempat wisata yang ada, ternyata Indonesia juga memiliki keragaman budaya yang unik. Salah satu budaya unik yaitu ada berada di Dieng. Di tempat ini kamu bisa menikmati destinasi wisata, keragaman budaya yang terbungkus dalam sebuah festival yang bernama Dieng Culture Festival. Festival kebudayaan ini selalu ada tiap tahunnya di Dataran Tinggi Dieng. Akan ada banyak acara menarik dan pesona budaya yang bisa kamu saksikan dalam festival ini.

Salah satu festival keren yang ada di Indonesia ini selalu diadakan pada musim kemarau antara bulan Juli-Agustus dimana pada bulan tersebut adalah musim dingin, bahkan suhunya bisa mencapai minus 2 derajat lho. Sebaiknya kamu menginap di homestay yang memiliki fasilitas air panas, tetapi jika ingin suasana yang berbeda kamu bisa menggunakan tenda di camp area dan rasakan dinginnya udara Dieng.

Banyak acara dan kegiatan yang bisa kamu ikuti selama festival ini, seperti menyaksikan musik jazz yang berbeda dari sebelumnya, karena saat di dieng kamu akan menyaksikan pertunjukkan ini di depan Candi Arjuna Dieng di ketinggian 2000 mdpl. Acara selanjutnya yang wajib kamu ikuti adalah menerbangkan lampion. Kegiatan ini di jamin memorable deh! Karena kamu bisa menerbangakan lampion bersama teman-teman dan melihat indahnya langit Dieng yang dipenuhi gemerlap dari cahaya lampion.

Dieng Culture Festival 2016 (Image : hipwee.com)
Tidak hanya aktifitas malam hari saja yang bisa ikuti, pada pagi hingga sore harinya kamu bisa mengunjungi destinasi wisata menarik seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuna (venue utama), Telaga Warna, Bukit Pangonan, Puncak Sikunir, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Museum Kailasa, hingga Dieng Theatre.

Acara terakhir yang wajib kamu saksikan adalah ritual cukur rambut gimbal. Beberapa anak di Dieng memiliki rambut gimbal sebagian. Suatu saat anak-anak tersebut rambutnya akan dicukur dalam sebuah ritual adat. Sebelum dicukur, si anak berhak meminta imbalan karena telah bersedia dicukur. Permintaan dari si anak pun unik ada yang meminta kambing, kulkas, TV, sepeda, bahkan ada yang hanya meminta es lilin saja. Apapun permintaannya harus dituruti lho.

Jika kamu ingin mengikuti festival ini, ada baiknya kamu mengikuti paket tour selama Dieng Culture Festival. Karena ini akan mempermudah kamu untuk mencari penginapan, makan, dan kunjungan ke tempat wisata. Selain itu, kamu juga bisa mendapat teman baru saat di perjalanan yang akan menambah keseruan liburanmu! Catat ya, Dieng Culture Festival akan diadakan pada 5 – 7 Agustus 2016.

sumber : hipwee.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar