Senin, 18 Juli 2016

Memanjakan Lidah Dengan Wisata Kuliner di Surabaya Pasti Bikin Ketagihan!



Kota terbesar kedua setelah Jakarta ini terkenal memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang unik. Jika kamu sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas dan terkenal di Kota Pahlawan ini. Berikut adalah beberapa makanan khas yang bisa kamu cicipi di Surabaya :

1. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul (Image : potret-indonesia.com)
Sebelum membuka Cabang di Surabaya, ternyata Kepiting Cak Gundul 1992 ini telah sukses di Kota Pandaan, Pasuruan. Sesuai namanya, cabang yang berada di Surabaya ini sudah ada sejak 1992. Warga Surabaya sudah tidak asing lagi mendengar resto kepiting ini, kalau kamu pecinta seafood kamu bisa datang ke Kepiting Cak Gundul 1992 yang memiliki dua menu andalan yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis yang rasanya tidak diragukan lagi, Enak! Selain itu, ada juga menu seafood lainnya seperti, cumi, ikan, udang, dan lainnya.

Lokasi : Jl. Kupang Indah No. 45C-D, Surabaya

2. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut (Image : lontong-balap.com)
Salah satu makanan khas dari Surabaya adalah Lontong Balap. Dinamakan lontong balap, karena konon katanya dulu penjual yang memikul dagangan berjalan dengan tergesa-gesa karena beratnya pikulan sehingga terlihat seperti balapan. Lontong Balap yang terkenal di Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut yang sudah ada sejak 1956 sampai saat ini. Tidak heran jika pelanggannya semakin banyak. Perpaduan antara lontong, lento, tauge, dan bumbu petis yang khas membuat rasa lontong balap ini semakin nikmat. Tersedia juga sate kerang dan es kelapa muda untuk melengkapi lontong balap.

Lokasi : Jl. Kranggan, Surabaya

3. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak Cingur Ahmad Jaiz (Image : yelpindonesia.com)
Siapa yang tidak mengenal kuliner khas Surabaya yang satu ini, Rujak Cingur. Kuliner satu ini sudah dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara lho. Lokasi yang terkenal untuk menyantap kuliner ini adalah Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Santapan yang berisi sayuran, cingur (hidung sapi) dan bumbu petis ini terasa lebih enak, karena olahan cingur yang empuk dan kenyal dan bumbu yang masih dibuat dengan cara tradisional oleh pemiliknya yaitu Ny. Giok Tjoe sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Lokasi : Jl. Ahmad Jaiz No. 40 Wonokromo, Surabaya

4. Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan (Image : kuliner.sbo.co.id)
Kuliner selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Tahu Campur. Satu porsi tahu campur yang berisi, daging sapi, sop, perkedel, tahu goreng, mie, salada dan bahan lainnya bisa membuat ketagihan. Karena rasanya yang enak, tahu campur banyak digemari pecinta kuliner. Untuk satu porsi tahu campur kamu cukup membayar Rp 10.000 saja.

Lokasi : Jl. Kalasan No 22 Tambaksari, Surabaya

5. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate Klopo Ondomohen Ny Asih (Image : candroid.id)
Sate Klopo Ondomohen ini berbeda dari sate yang dijual lainnya. Selain daging, kamu juga bisa memilih bahan untuk satenya seperti udang, sumsum, daging sapi, dan daging ayam yang tentunya sudah di olah dengan bumbu kacang yang khas. Sesuai dari namanya sate klopo, sajian sate ini akan ditaburi parutan kelapa saat pengolahannya, ini yang menjadi keunikan sate klopo.

Lokasi : Jl. Walikota Mustajab 36, Surabaya

Sumber : halomuda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar