Rabu, 01 Februari 2017

Meriahnya Festival Thaipusam di Malaysia, Rayakan Kemenangan Dewa Murugan Kalahkan Iblis



Seperti yang telah diketahui sebelumnya, tiap tahun umat Hindu yang berada di Malaysia merayakan festival besar yaitu Festival Deepavali dan juga Festival Thaipusam. Buat kamu yang akan berlibur ke Malaysia saat bulan Februari, Festival Thaipusam bisa menjadi agenda seru yang bisa kamu lihat secara langsung yang akan diadakan pada 10 Februari 2017. Thaipusam adalah festival perayaan untuk kemenangan Dewa Murugan yang berhasil mengalahkan iblis.

Di Malaysia, Festival Thaipusam dijadikan sebagai hari libur nasional. Tidak heran jika hampir satu juta pengunjung akan datang untuk menyaksikan festival yang dilaksanakan di Gua Batu Sri Subramaniar Swamy Temple. Selain di Gua Batu tersebut, umat Hindu juga biasa merayakannya di beberapa kuil seperti Kuil Balathandayuthapani atau Bukit Kuil Air Terjun di Penang, Swamy Temple Sri Subramaniya di Sungai Petani dan Swamy Temple Sri Subramaniar di Ipoh.


Thaipusam (imges : 2016festivals2017.com)
Bagi umat Hindu, Thaipusam dijadikan sebagai hari penebus dosa untuk Dewa Murugan. Dewa Murugan merupakan dewa yang paling disucikan bagi umat Hindu. Sebelum festival ini berlangsung, biasanya umat Hindu membersihkan diri dengan cara berpuasa, menaati beberapa pantangan dan menjadi vegetarian dalam waktu tertentu. Menariknya lagi, cara umat Hindu menebus dosa Dewa Murugan dilakukan dengan cara menusukkan kail ke beberapa bagian tubuh dan ada juga yang menusukkannya ke pipi. Walaupun terlihat menyakitkan, tapi luka setelah kail dicabut tidak mengeluarkan darah lho.

Umat Hindu atau pengunjung yang datang diperbolehkan masuk ke dalam Gua Batu yang sebelumnya harus menaiki sebanyak 272 anak tangga. Di sana kamu bisa melihat pemberkatan atau ritual yang biasa dilakukan dalam Festival Thaipusam. Karena mengunjungi tempat peribadatan, sebaiknya gunakan pakaian yang sopan untuk menghormati kegiatan tersebut. Setelah puas melihat kegiatan yang ada, di sekitar Gua Batu juga terdapat banyak kios-kios yang menjual makanan, minuman dan peralatan keagamaan yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi.

Sumber : wonderfulmalaysia.com
Image : story.tourders.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar