Minggu, 19 Februari 2017

Jangan Khawatir, Ini Tips Mendaki Pegunungan Untuk Para Pemula!


Mendaki gunung kini banyak digemari oleh para wisatawan terutama di kalangan anak muda. Berbeda dengan berlibur di pantai, mendaki gunung tentunya memiliki tantangan sendiri untuk dapat mendapatkan suasana yang menakjubkan. Mendaki gunung merupakan kegiatan ekstrim yang tentunya banyak hal-hal yang harus diperhatikan terutama untuk para pemula. Ingin mencoba mendaki gunung, travelers? Ini tips yang akan membantumu mendaki gunung untuk pertama kali :

1. Perencanaan Pendakian

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan pendakian dengan matang seperti memilih lokasi start pendakian, rute yang akan dilewati, kondisi cuaca, waktu dan jumlah pendaki. Jumlah pandaki harus sesuai dari rencana karena ini akan berpengaruh jumlah perbekalan dan peralatan yang akan disiapkan. Pastikan juga kamu mendapat ijin oleh pihat terkait untuk mendaki.

2. Siapkan Fisik dan Mental

Sebelum pendakian, sebaiknya kamu siapkan fisik dan mentalmu dengan olahraga rutin agar badanmu tidak kaget saat mendaki dengan rute yang tidak biasa.

3. Ketahui Medan dan Rute Yang Akan Dilalui

Setidaknya dalam satu kelompok pendaki ada beberapa orang yang benar-benar mengetahui medan dan rute yang akan dilalui. Hal ini sangat penting untuk keselamatan dan menghindari tersesat di dalam hutan.

4. Siapkan Perlengkapan Yang Efektif dan Bermanfaat

Perlengakapan yang kamu siapkan harus disesuaikan dengan lokasi, rute, waktu, jumlah pendaki dan kondisi cuaca. Sedikit tips memasukkan peralatan dalam carrier, sebaiknya letakkan barang yang paling berat di atas dan barang ringan di bawah. Hal ini berguna agar beban berat bertumpu di pundak dan bukan di pinggang, tentunya ini dilakukan agar kamu tidak cepat lelah karena menahan beban akibat kesalahan packing. Sebelum barang dimasukkan ke dalam tas, ada baiknya barang tersbut dibungkus oleh kantong plastik untuk mencegah barang jadi basah dan tidak tercampur peralatan atau pakaian yang kotor.

5. Atur Manajemen Logistik dan Makanan Sebaik Mungkin

Tips membawa makanan juga perlu kamu perhatikan saat berencana mendaki gunung. Sebaiknya kamu membawa makanan ringan yang cepat dimasak dan cukup mengandung kalori. Hindari minuman beralkohol, walaupun dapat menghangatkan tapi minuman beralkohol bisa memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

6. Mendapat Ijin dan Lapor Pos Pendakian

Sebelum pendakian dimulai, kamu wajib melapor dan mendapatkan ijin dari pos pendakian. Di pos ini, kamu harus mengisi data diri seperti nama, alamat lengkap, nomor telepon keluarga atau saudara yang bisa dihubungi jika terjadi musibah di gunung. Saat kembali turun, kamu juga harus melapor kembali di pos pendakian awal. Hal ini dilakukan sebagai tanda kalau kamu sudah turun gunung.

7. Tidak Merusak dan Menjaga Lingkungan

Selama perjalanan mendaki, kamu bisa menjaga lingkungan pegunungan dengan tidak merusak keindahan dan menjaga keseimbangan alam seperti tidak mencoret-coret, menebang tumbuhan sembarangan, menangkap hewan, memetik bunga seperti edelweiss apalagi membuang sampah non-organik seperti plastik. Kamu bisa membawa sampah perbekalanmu dengan cara dikumpulkan dalam kantong plastik untuk dibawa turun dan dibuang di tempat sampah pos pendakian. Masalah kebersihan ini sesuai dengan semboyan pecinta alam yaitu “jangan pernah meninggalkan apapun di gunung kecuali tapak kaki dan kenangan”. Dan jangan lupa pastikan api unggunmu benar-benar padam dengan menyiram dengan air atau menutupnya dengan tanah.

Sumber : as7adventure.wordpress.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar