Senin, 06 Februari 2017

Wow, Ternyata Patung Dewa Hindu Tertinggi di Dunia Ada di Batu Cave!



Memilih Kuala Lumpur saat berlibur ke Malaysia tentunya udah biasa kan, travelers? Selain Kuala Lumpur, Malaysia juga memiliki objek wisata yang terkenal di Selangor lho yaitu Batu Cave. Batu Cave adalah salah satu tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Malaysia yang boleh dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa festival Hindu sering diadakan di tempat ini contohnya seperti Festival Thaipusam. Suasana sejuk dan pemandangan yang tidak biasa pastinya akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Selain memiliki pemandangan yang eksotis, ciri khas dari Batu Cave adalah adanya patung Dewa Murugan yang tingginya mencapai 43 meter dan konon menjadi patung Dewa Hindu tertinggi di dunia. Karena ketinggian dan kemegahannya itulah, patung ini bisa kamu lihat dari area parkir. Mendekati patung ini, kamu akan disambut dengan burung dara liar yang berterbangan dan juga sebanyak 272 anak tangga yang akan mengantarkanmu ke kuil dalam gua di Batu Cave. Tentunya kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapai gua ini.


Batu Caves (images : goslope.com)
Sesampainya dalam gua, kamu bisa mengunjungi tiga gua utama dan gua kecil yang memiliki keindahan yang berbeda. Tiap dinding kuil dikelilingi oleh batu yang menjulang tinggi yang tentunya menarik untuk dilihat. Setiap tempat ibadah memiliki peraturannya sendiri, begitupun Batu Cave. Saat mengunjungi tempat ini sebaiknya gunakan pakaian yang sopan. Hindari menggunakan hot pants, jika kamu menggunakan pakaian tidak sopan, pemuka agama yang sedang berjaga di anak tangga tidak segan untuk menegur dan mewajibkanmu menyewa kain penutup seharga RM 3 atau sekitar Rp 10.000.

Kegiatan yang bisa kamu ikuti adalah sembahyang bersama pemuka agama Hindu di sana walaupun kamu bukan beragama Hindu. Selesai sembahyang, dahimu akan ditempeli cap atau tanda yang disebut Hindi. Kamu juga bisa berfoto dan selfie bersama pemuka agama yang ada di Batu Cave.

Karena masih berada di alam terbuka, kamu harus tetap waspada dengan barang bawaanmu. Karena di sana banyak monyet liar yang bisa saja merebut barang yang kamu bawa atau aksesoris yang kamu gunakan.

Untuk menuju Batu Cave kamu bisa gunakan transportasi seperti taksi dengan biaya sekitar RM10-RM15 atau senilai Rp 31.000 sampai Rp 47.000. Kamu juga bisa gunakan bus dari Stasiun Titi Wangsa ambil Rapid KL rute U6 atau dari China Town Petaling Street Anda tinggal naik bus Nr 70 dan 349. Selamat menikmati wisata di Batu Cave, travelers!

Sumber : Travel Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar