Selasa, 24 Januari 2017

Selain Serba Merah, Ini Fakta Unik Tahun Baru China Yang Belum Kamu Ketahui



Perayaan tahun baru China tahun ini jatuh pada bulan Januari tepatnya pada 28 Januari 2017. Menjelang datangnya tahun baru China, semua warga Tionghoa menyiapkan segala kebutuhan mulai dari pernak-pernik hingga beragam jenis makanan khas. Selain semua dekor serba warna merah dan emas, ternyata ada beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui tentang imlek. Berikut fakta-faktanya :

1. Uang Angpao Tidak Boleh Bernilai Ganjil
Dalam kepercayaan Tionghoa, siapapun berhak mendapatkan angpao kecuali yang sudah menikah. Selain itu, nominal yang dimasukkan dalam amplop juga tidak boleh sembarangan lho. Nominalnya tidak boleh mengandung angka 4, karena dalam bahasa Mandarin angka 4 berarti kematian. Selain itu jumlah uang dalam angpao pun tidak boleh ganjil karena angka ganjil identik dengan pemakaman.

2. Dilarang Buang Sampah, Cuci Baju dan Keramas
Tahun baru dipercaya sebagai permulaan dari segala harapan yang baik. Maka dari itu masyarakat China meyakini bahwa saat tahun baru tidak diperbolehkan membuang sampah, mencuci baju hingga melakukan kegiatan keramas karena hal itu dipercaya akan menghilangkan peruntungan dalam waktu satu tahun.

3. Dilarang Bersedih Atau Menangis
Bagi masyarakat Tionghoa, tahun baru harus dirayakan dengan suka cita. Jadi, saat tahun baru China tidak diperbolehkan siapapun bersedih ataupun menangis. Sebab, jika bersedih diawal tahun itu artinya orang tersebut akan mengalami kesedihan sepanjang tahun.

4. Kembang Api dan Petasan
Selain untuk memeriahkan suasana imlek, ternyata kembang api dan petasan memiliki filosofi tersendiri yaitu untuk mengusir roh jahat dan nasib buruk di tahun sebelumnya untuk mengharapkan tahun baru yang lebih baik.

5. Warna Merah
Salah satu ciri khas yang selalu ada dalam tahun baru China adalah semua hiasan dan pakaian berwarna merah. Hal ini dilakukan karena warna merah melambangkan semangat dan keberuntungan.

6. Barongsai
Selain untuk hiburan dalam tahun baru China, ternyata keberadaan barongsai memiliki makna yang mendalam yaitu untuk mengusir makhluk jahat dan berbagai hal negatif.

Sumber : brilio.net 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar