Minggu, 29 Januari 2017

Ini Fakta Dari Landmark Terkenal di Dunia



Setiap negara memiliki bangunan-bangunan unik dan menarik yang dijadikan ikon suatu negara yang biasa disebut landmark. Sebelum bangunan atau landmark ini rampung dikerjakan, ternyata ada beberapa fakta-fakta unik yang belum diketahui oleh banyak orang. Penasaran seperti apa faktanya, berikut fakta-fakta dari landmark yang ada di dunia :

1. Patung Liberty, New York - USA


Patung Liberty (images : deyuna.com)
Salah satu patung yang mendunia adalah Patung Liberty di kota New York yang diresmikan pada 28 Oktober 1886. Ternyata patung ini adalah hadiah yang diberikan oleh Perancis kepada Amerika di ulang tahunnya yang ke-100 dan merupakan simbol pertemanan antara kedua negara. Patung Liberty adalah figur perempuan yang bernama Libertas, yang diambil dari nama Dewi Kebebasan Romawi. Patung yang terbuat dari perunggu ini memiliki nama asli Liberty Enlightening The World, tapi lebih dikenal dengan nama Statue of Liberty atau Patung Liberty. Serunya lagi, kamu bisa mencapai puncaknya dengan menaiki sebanyak 354 anak tangga dan melihat keindahan kota New York dari ketinggian 93 meter.

2. Burj Khalifa, Dubai – Uni Emirate Arab


Menara Burj Khalifa (images : terunik.net)
Menara yang diresmikan pada 4 Januari 2010 ini menjadi bangunan tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter dan juga memecahkan rekor sebagai bangunan dengan jumlah lantai terbanyak di dunia sebanyak 160 lantai. Selain tertinggi dan jumlah lantai terbanyak, Burj Khalifa juga memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60 km/jam dengan jumlah 57 lift dan 3.000 anak tangga. Bangunan ini dirancang oleh Skidmore, Owings, Merril Chicago, serta Adrian Smith sebagai kepala arsitek dan Bill Baker sebagai insinyur utama.

3. Tugu Monas, Jakarta - Indonesia


Tugu Monas (images : bepangg.blogspot.com)
Tugu Monas setinggi 132 meter ini dibangun pada 1961 dan rampung pada tahun 1975 atas prakarsa Presiden Sukarno. Tugu Monas dimahkotai dengan ornamen lidah api yang dilapisi emas untuk menggambarkan semangat perjuangan. Sebelum bangunan ini dibangun, ternyata sudah dua kali sayembara yang diadakan untuk mendesain tapi tidak ada yang sesuai dengan syarat dan pada akhirnya Presiden Sukarno menunjuk arsitek bernama Soedarsono untuk merancangnya. Fakta selanjutnya adalah mahkota monas memiliki 77 bagian lidah api yang disatukan setinggi 17 meter dengan diameter 6 meter yang berbahan perunggu seberat 14,5 ton dan dilapisi emas 45 kg. Ternyata emas ini adalah sumbangan dari pengusaha pribumi asal Aceh yang bernama Teuku Markam. Emas tersebut diambil tambang yang berlokasi di Lebong, Bengkulu.

4. Menara Big Ben, London - Inggris


Menara Big Ben (images : wikipedia)
Nama resmi dari jam Big Ben adalah Elizabeth Tower yang terletak di Istana Westminster, London, Britania Raya. Nama Elizabeth Tower diberikan karena bertepatan dengan pesta ulang tahun ke-60 Ratu Elizabeth II dalam memimpin Britania Raya dan wilayah persemakmuran. Saat ini Elizabeth Tower lebih dikenal dengan nama jam Big Ben, padahal Big Ben tersebut merupakan nama dari bel yang terdapat di menara jam tersebut. Tidak sembarang orang yang bisa masuk ke manara ini, karena hanya warga asli Britania Raya yang boleh mengunjunginya atau turis yang sudah mendapatkan izin dari otoritas berwenang di sana dengan proses reservasi kurang lebih 6 bulan. Dengan gaya gothik victorian dan tinggi 96,3 meter, menara jam ini sangat ikonik di London.

Sumber : anehdidunia.com 
Image : lobaggelap.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar