Kamis, 26 Januari 2017

Menyusuri Makna Bangunan Megah Peninggalan Sejarah di Asia Tenggara



Menikmati liburan memang banyak caranya seperti eksplor wisata alam, wisata belanja, wisata budaya hingga sejarah. Berkunjung ke suatu tempat yang menyimpan banyak peninggalan sejarah tentunya akan membuatmu mendapatkan pengetahuan yang baru. Peninggalan sejarah seperti bangunan candi-candi yang terdapat di Asia Tenggara bisa menjadi pilihan lokasi liburanmu selanjutnya lho travelers. Candi yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini tentunya menyimpan banyak cerita yang tidak terduga. Tertarik untuk eksplor wisata budaya dan sejarah lebih jauh? Yuk, kunjungi candi-candi berikut! 

1. Angkor Wat, Kamboja


Angkor Wat (images : tempo.co)
Menjadi salah satu warisan dunia UNESCO, Angkor Wat merupakan sebuah candi atau kuil yang paling terkenal di kawasan Angkor. Dengan proses pembangunan kuil yang memakan waktu selama 30 tahun pada pertengahan abad ke-12, kawasan kuil Angkor Wat dikelilingi oleh dinding yang mewakili lautan dan gunung yang mengelilingi dunia. Pada saat itu Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat yang menurut kepercayaan Hindu meletakkan Gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi. Oleh karena itulah menara tengah Angkor Wat menjadi menara tertinggi dan menjadi menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat. Kini Angkor Wat telah dialihfungsikan menjadi kuil Buddha yang menggantikan agama Hindu pada abad ke-13. 

2. Candi Borobudur, Indonesia


Candi Borobudur (images : wikipedia)
Bangunan yang disebut UNESCO sebagai monumen dan kompleks stupa termegah di dunia ini bernama Candi Borobudur. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi pada masa pemerintahan Syailendra telah terbukti menjadi kebanggaan Indonesia dengan kemegahan yang dihasilkan. Candi Borobudur terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran yang melingkar. Bangunan ini dibangun sebagai tempat suci para penganut agama Buddha dan juga merupakan tempat ziarah. Tiap tahunnya banyak umat Buddha dari seluruh Indonesia yang datang dan berkumpul di Candi Borobudur untuk memperingati hari raya Waisak. 

3. Pha That Luang, Laos


Pha That Luang (images : cringel.com)
Pha That Luang adalah sebuah Candi Buddha terbesar yang dilapisi oleh emas dan terletak di pusat kota Vientiane, Laos. Pada umumnya Pha That Luang merupakan monumen nasional dan menjadi simbol nasionalisme Laos. Bangunan ini adalah Stupa Buddha yang berukuran besar dari 45 meter dan lebar 69 meter berbentuk piramida yang dikelilingi oleh 30 stupa yang berukuran kecil. Dengan lapisan emas murni dan logam mulia seberat 500 kilogram menjadikan bangunan bersejarah ini terlihat semakin megah dan istimewa.  

Sumber : tapike.com
Image : wikimedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar